Menilik Efektivitas Bantuan Langsung Tunai

Pandemi COVID-19 di Indonesia telah mengakibatkan krisis sosial-ekonomi yang dampaknya dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama kelompok 40% masyarakat dengan tingkat kesejahteraan terendah. Untuk menangani krisis tersebut, pemerintah telah menerapkan program-program jaring pengaman sosial (JPS) yang mencakup, salah satunya, bantuan langsung tunai. Pertanyaan pentingnya adalah seberapa efektif penerapan berbagai program tersebut dijalankan oleh pemerintah, baik pada tingkat nasional maupun daerah.

Provinsi Sulawesi Selatan mencapai nilai IPEI peringkat ke-15

Diseminasi Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif Provinsi Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan mencapai nilai Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif (IPEI) peringkat ke-15 dari seluruh provinsi di Indonesia. Capaian ini dapat diraih Pemprov Sulsel berkat pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) riil perkapita tinggi, tingkat kemiskinan rendah, serta perluasan akses dan kesempatan. Beberapa hal yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah provinsi termasuk rendahnya andil manufaktur terhadap PDRB, persentase pekerja >35jam per minggu rendah, dan tingginya tingkat ketimpangan.

Workshop Peningkatan Kapasitas Metodologi Kajian APBD Constraint Analysis untuk DJPK, Kementerian Keuangan

Sejak didirikan pada 2001, SMERU merupakan lembaga terdepan di bidang penelitian sosial-ekonomi di Indonesia. SMERU melakukan kajian yang menggunakan metode kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi keduanya (mixed-method) mengenai berbagai isu sosial-ekonomi di Indonesia. Selain itu, SMERU mendukung wacana kebijakan sektor publik dan swasta yang inklusif melalui analisis kebijakan pembangunan dan potensi dampaknya.

Pages