Kemdikbud-TNP2K Uji Coba Program Kiat Guru

Anselmus Bata/AB | Beritasatu.com | Selasa, 25 Agustus 2015 | 18:49

 

 

 

Jakarta - Beberapa tahun terakhir, pemerintah telah meningkatkan kesejahteraan guru. Namun, hal itu tidak diikuti dengan meningkatnya kinerja guru, khususnya di perdesaan dan daerah terpencil. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan uji coba program Kinerja dan Akuntabilitas (Kiat) Guru. Dalam program ini akan dibangun perangkat kebijakan yang mengaitkan pembayaran tunjangan dengan kinerja guru, serta melibatkan masyarakat dalam peningkatan layanan pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan menyatakan kinerja guru perlu sejalan dengan kompetensi guru, sertifikasi guru, dan penghargaan yang diberikan kepada guru.

“Untuk mendorong kinerja guru, pemerintah menetapkan bahwa penilaian kinerja dan kompetensi guru harus menjadi syarat pemberian tunjangan profesi. Diperlukan mekanisme pengawasan dan penilaian yang andal dan akurat, sehingga penilaian tersebut adil dan bermartabat,” ujar Anies dalam siaran pers yang diterima redaksi, Selasa (25/8).

Kiat Guru adalah suatu inisiatif untuk mengembangkan inovasi yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Keerom, Kaimana, dan Ketapang. Berbagai kajian dan uji coba dilaksanakan untuk melibatkan peran serta masyarakat di 31 desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Pendekatan yang dilakukan Kiat Guru adalah memperbaiki mekanisme dan transparansi pembayaran tunjangan guru di tiga kabupaten tersebut, dan dikaitkan dengan keberadaan dan kualitas pelayanannya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Lembaga Penelitian SMERU pada 2010, hampir 1 dari 3 guru yang menerima tunjangan khusus mangkir dari kewajibannya mengajar di kelas. Badan PBB untuk anak-anak (UNICEF) bahkan menemukan bahwa hampir 1 dari 2 guru SD di perdesaan dan daerah terpencil di Provinsi Papua dan Papua Barat mangkir dari kewajibannya di kelas.

Selengkapnya...

 


Share it