Turunkan Kemiskinan Anak, Tekan Angka Kemiskinan

Neraca | Rabu, 11 September 2013

 

Jakarta – Salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Indonesia adalah mengentaskan kemiskinan menjadi 8%-10% pada 2014. Untuk mencapainya, penurunan kemiskinan anak adalah suatu hal penting yang perlu dilakukan untuk memutus rantai kemiskinan di Indonesia.

Data terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa per Maret 2013 jumlah penduduk miskin di Indonesia adalah 28,07 juta orang atau 11,37% dari total penduduk Indonesia. BPS menggunakan angka Garis Kemiskinan sebesar Rp272 ribu per kapita per bulan dalam pengukuran jumlah penduduk miskin tersebut.

“Kami pernah melakukan studi menelusuri anak-anak yang lahir dari keluarga miskin. Sebanyak 40% dari mereka akan tumbuh menjadi orang miskin. Banyak yang perlu dilakukan untuk membuat anak-anak dari keluarga miskin ini tidak tumbuh jadi miskin lagi. Ini penanggulangan kemiskinan jangka panjang karena itu adalah strategi memutus pewarisan kemiskinan,” jelas Asep Suryahadi dari Lembaga Penelitian Smeru kepada Neraca, Selasa (10/9).

Selengkapnya...


Share it