Workshop Peningkatan Kapasitas Metodologi Kajian APBD Constraint Analysis untuk DJPK, Kementerian Keuangan

Sejak didirikan pada 2001, SMERU merupakan lembaga terdepan di bidang penelitian sosial-ekonomi di Indonesia. SMERU melakukan kajian yang menggunakan metode kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi keduanya (mixed-method) mengenai berbagai isu sosial-ekonomi di Indonesia. Selain itu, SMERU mendukung wacana kebijakan sektor publik dan swasta yang inklusif melalui analisis kebijakan pembangunan dan potensi dampaknya.

Seri Seminar Forum Kajian Pembangunan, Oktober 2019

Pada Oktober 2019, SMERU kembali menjadi tuan rumah FKP untuk 5 (lima) seminar dengan 5 (lima) topik berbeda yang akan diselenggarakan setiap minggu di Jakarta. Kelima topik tersebut adalah (i) Sistem Perlindungan Sosial Indonesia ke Depan, (ii) Kekerasan Terhadap Perempuan, (iii) Harapan bagi Program Keluarga Harapan: Peningkatan Kesejahteraan Berkelanjutan, (iv) Asesmen Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak, dan (v) Inklusi Disabilitas Dalam Pembangunan.

Berita Duka

The SMERU Research Institute kehilangan Dr. Joan Hardjono (82 tahun), anggota Pembina dan Penasihat Yayasan SMERU yang tutup usia pada Senin, 13 Mei 2019, di Jakarta.

Model of Change, Rekomendasi SMERU untuk Melihat Dampak Pembangunan Infrastuktur Nasional

Pada 9 Mei 2019 the SMERU Research Institute bersama dengan Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) of Australia melakukan kunjungan audiensi dengan Bapak Dr. Darmawan Prasodjo, Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, di Kantor Staf Presiden (KSP). SMERU diwakili oleh dua peneliti dari tim studi EINRIP (Eastern Indonesia National Roads Improvement Project), Yudi Fajar M. Wahyu dan Dinar Dwi Prasetyo, serta sekretaris lembaga Ibu Nuning Akhmadi.

Halaman