Asep Suryahadi

Nama Panggilan
Asep
 
Jabatan
Peneliti Utama
 
Kualifikasi

Asep mendapat gelar S3 di bidang Ilmu Ekonomi dari Australian National University (ANU) di Australia, S2 di bidang yang sama dari Pennsylvania State University di Amerika Serikat, dan S1 di bidang Agribisnis dari Institut Pertanian Bogor.


Pengalaman Kerja

Asep menjabat sebagai direktur SMERU dari 2009 hingga 2019. Sebelumnya, ia adalah wakil direktur penelitian SMERU dari 2003 hingga 2009. Selain itu, ia sebelumnya bekerja sebagai peneliti senior di Center for Policy and Implementation Studies (CPIS). Saat ini Asep menjabat sebagai anggota Forum Masyarakat Statistik (FMS), badan penasehat Badan Pusat Statistik (BPS). Asep juga anggota Dewan Editorial Bulletin of Indonesian Economic Studies (BIES) dan Dewan Penasihat Indonesia Project, keduanya di Australian National University.


Prestasi

Asep dianugerahi H.W. Arndt Prize, sebuah penghargaan untuk artikel terbaik oleh penulis Indonesia yang diterbitkan di BIES tiap tahun. Artikel yang mendapat penghargaan tersebut berjudul 'Minimum Wage Policy and Its Impact on Employment in the Urban Formal Sector', dalam BIES Vol. 39(1), hlm. 29–50, April 2003 (bersama dengan Wenefrida Widyanti, Daniel Perwira, dan Sudarno Sumarto).