Forum Kajian Pembangunan: The Impact of Covid-19 Outbreak on Poverty in Indonesia

Sel, 04/21/2020

Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) diperkirakan menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Dampak terhadap ekonomi diperkirakan akan besar dan dapat menyebabkan resesi global. Jutaan orang akan jatuh ke dalam jurang kemiskinan.

Pada 21 April 2020, Bapak Asep Suryahadi (Peneliti Utama SMERU) diundang sebagai pembicara dalam Forum Kajian Pembangunan yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) LIPI. Dalam forum diskusi online tersebut, Bapak Asep mempresentasikan hasil studi SMERU yang tertuang dalam kertas kerja berjudul “Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kemiskinan: Estimasi bagi Indonesia”.

Salah satu proyeksi dalam studi ini adalah bahwa 1,2 juta orang di Indonesia akan terinfeksi. Dampak ekonomis juga diperkirakan akan parah. Dibandingkan dengan proyeksi awal pertumbuhan ekonomi Indonesia pada  2020 sebesar 5%, berbagai penelitian memperkirakan bahwa COVID-19 akan menurunkan pertumbuhan ekonomi ke kisaran angka 1% sampai 4%. Temuan dan rekomendasi kebijakan dalam kertas kerja tersebut dapat disimak di sini.


Bagikan Postingan Ini