Forum Kebijakan Ketenagakerjaan

The SMERU Research Institute menjadi tuan rumah acara Forum Kebijakan Ketenagakerjaan (FKK) yang ke-9 pada 24 Juli 2018. Dipimpin oleh Ibu Dra. Rahma Iryanti, M.T (Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan), forum dengan topik transformasi stuktural ini menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Asep Suryahadi (Direktur SMERU) dan Dr. Zulfan Tadjoeddin (Dosen Senior Western Sydney University).

Acara ini dihadiri oleh 41 peserta, terdiri atas anggota sekretariat FKK, LIPI, Apindo, Kadin, Kementerian Koodinator Bidang Ekonomi, Kantor Staf Presiden, TURC, Dewan Pertimbangan Presiden, TNP2K, dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Asep Suryahadi memaparkan presentasi berjudul “Structural Transformation and the Release of Labor from Agriculture” yang menyoroti hasil temuan studi bahwa orang yang bekerja di sektor pertanian perdesaan mempunyai probabilitas yang rendah untuk pindah kerja ke sektor lain, terutama sektor yang berlokasi di perkotaan. Selanjutnya, presentasi Dr. Zulfan Tadjoeddin yang berjudul “Urbanization and Labor Productivity in Indonesia“ menyoroti temuan bahwa urbanisasi memiliki keterkaitan dengan peningkatan produktivitas yang dihasilkan dari upah yang lebih tinggi.

Pada acara ini terjadi pertukaran informasi dan diskusi terkait transformasi struktural sektor pertanian ke sektor manufaktor dan jasa serta urbanisasi dan produktifitas pekerja di Indonesia. Selain itu juga terjadi dialog kebijakan antara para pemangku kepentingan utama dari tripartit (kekuatan eksekutif, pekerja, dan pihak pemberi kerja) dalam dialog sosial yang luas terkait isu ketenagakerjaan di Indonesia.

FKK diadakan secara berkala dengan tujuan untuk memfasilitasi diskusi berbasis bukti mengenai kebijakan ketenagakerjaan di Indonesia. Forum ini terdiri atas peneliti, akademisi, dan pengamat isu ketenagakerjaan dari berbagai organisasi seperti SMERU, World Bank, UNIKA Atma Jaya, Universitas Padjajaran, CSIS, dan Universitas Indonesia.

Kunjungi situs web SMERU untuk mengakses dokumen presentasi (pdf). Jika Anda ingin melihat dokumentasi foto selama penyelenggaraan acara seminar, silakan kunjungi halaman Facebook The SMERU Research Institute. Informasi tentang FKK dapat diakses di situs web Forum Kebijakan Ketenagakerjaan di www.laborforum-id.org.