Model of Change, Rekomendasi SMERU untuk Melihat Dampak Pembangunan Infrastuktur Nasional

Pada 9 Mei 2019 the SMERU Research Institute bersama dengan Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) of Australia melakukan kunjungan audiensi dengan Bapak Dr. Darmawan Prasodjo, Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, di Kantor Staf Presiden (KSP). SMERU diwakili oleh dua peneliti dari tim studi EINRIP (Eastern Indonesia National Roads Improvement Project), Yudi Fajar M. Wahyu dan Dinar Dwi Prasetyo, serta sekretaris lembaga Ibu Nuning Akhmadi. Agenda kunjungan ini adalah (i) mempresentasikan hasil studi EINRIP Monitoring and Evaluation Program (2008-2018): Qualitative Social Research dan (ii) menjajaki kemungkinan replikasi Model of Change of Road Improvements and Economic Activity dalam pembangunan infrastruktur jalan nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Dinar Dwi Prasetyo, bersama dengan Graham R. Gleave (konsultan DFAT) memaparkan temuan penting studi yaitu kontribusi positif proyek EINRIP terhadap peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat dan dengan demikian berperan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka. Semua itu digambarkan dalam sebuah diagram model of change yang menerangkan alur dampak perbaikan jalan nasional terhadap peningkatan pendapatan masyarakat. Penjelasan lengkap tentang ini dapat dibaca di http://bit.ly/smeru-einrip2018.

Pembelajaran ini sangat mungkin untuk direplikasi ke dalam kegiatan pembangunan infrastuktur jalan nasional yang dilakukan di pemerintahan Presiden Jokowi. Dr. Darmawan Prasodjo sangat terkesan dengan temuan dan rekomendasi studi yang dipaparkan. Beliau mengatakan bahwa pemerintah melaksanakan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran dan banyak pertanyaan terkait dampak pembangunan tersebut. Dari paparan yang diberikan oleh Dinar dan Graham, Dr. Darmawan yakin bahwa model of change yang direkomendasikan dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dan KSP akan mempelajari laporan studi secara lebih mendalam dan berharap bisa berdiskusi lebih jauh dengan tim studi EINRIP di lain kesempatan.


Bagikan Postingan Ini