Pangkalan Data Ornop

SMERU mengelola pangkalan data dalam jaringan (online) tentang organisasi nonpemerintah (ornop) nasional dan daerah yang paling lengkap di Indonesia. Saat ini ada sekitar 3.000 ornop yang tersimpan dalam pangkalan data kami yang menyediakan informasi mengenai nama, alamat, penghubung, visi, misi, bentuk hukum, kegiatan, dan sektor ornop. Pangkalan data ini mencakup ornop-ornop baik di Jakarta maupun di berbagai provinsi lainnya di Indonesia. Anda dapat melakukan pencarian berdasarkan provinsi atau sektor.

Pada awalnya, pangkalan data ini dikembangkan untuk membantu kami mengontak dan berkomunikasi dengan ornop nasional dan daerah yang relevan serta untuk memastikan bahwa hasil-hasil penelitian kami menjangkau masyarakat sipil. Meskipun SMERU tidak memberikan bantuan langsung untuk kegiatan ornop, SMERU bertujuan menguatkan peran masyarakat sipil dalam proses perumusan kebijakan publik yang berbasis bukti.

Kini pangkalan data ornop ini menjadi sumber data berharga yang memfasilitasi lembaga-lembaga lain dalam mengontak dan berkomunikasi dengan berbagai ornop di seluruh Indonesia, serta bagi mereka yang sedang melakukan penelitian tentang ornop di Indonesia. Staf Kemitraan Ornop SMERU memutakhirkan pangkalan data ini secara berkala berdasarkan masukan dari ornop-ornop atau dengan mengontak ornop secara acak. Saat ini pangkalan data ornop SMERU hanya tersedia dalam bahasa Indonesia.

Jika Anda ingin memasukkan data ornop Anda ke dalam pangkalan data ornop SMERU, mohon hubungi Hariyanti Sadaly di hari@smeru.or.id.