Peluncuran Peta Kemiskinan dan Penghidupan Indonesia 2015

Salah satu prasyarat penting bagi keterpaduan upaya penanggulangan kemiskinan adalah ketersediaan data kemiskinan dalam berbagai dimensi, moneter dan nonmoneter, yang akurat dan mudah diakses oleh berbagai pelaku pembangunan.

Data kemiskinan ini berperan dalam penyusunan program perlindungan sosial yang akan membantu masyarakat miskin memenuhi kebutuhan dasar untuk mendapat akses pangan, kesehatan, dan pendidikan. Untuk itu diperlukan data-data kemiskinan di tingkat daerah untuk menetapkan target geografis (lokasi) suatu program; khususnya data yang menyediakan informasi sampai tingkat administrasi terkecil (desa/kelurahan) dan mencakup berbagai dimensi kemiskinan.

Dalam rangka mendukung ketersediaan data kemiskinan multidimensi hingga tingkat kecamatan dan desa/kelurahan, the SMERU Research Institute – dengan dukungan The Ford Foundation – kembali meluncurkan Peta Kemiskinan dan Penghidupan Indonesia 2015 yang memuat estimasi angka kemiskinan untuk semua desa/kelurahan di Indonesia (lebih dari 75.000 desa/kelurahan).

Selain estimasi angka kemiskinan, peta ini juga dilengkapi dengan angka ketimpangan (rasio gini), kondisi infrastruktur, serta indikator-indikator sosial ekonomi lainnya, sehingga kondisi kemiskinan suatu wilayah dapat dilihat secara lebih komprehensif. Salah satu fitur baru Peta Kemiskinan dan Penghidupan Indonesia 2015 ini adalah informasi kualitatif 50 desa yang tersebar di berbagai provinsi. Informasi kualitatif tersebut mencakup sejarah desa, jenis pekerjaan, topografi, dan akses terhadap infrastruktur. Diharapkan infomasi kualitatif desa ini akan terus dikembangkan dengan menghimpun kontribusi dari berbagai pihak, sehingga peta kemiskinan dan penghidupan dapat menjadi sumber informasi yang dinamis dan interaktif.

Peta ini dapat diakses secara gratis melalui povertymap.smeru.or.id

Kami mengundang Anda untuk mengunjungi situs SMERU untuk mengakses materi seminar, seperti dokumen presentasi (pdf) dan tautan video seminar. Jika Anda ingin melihat dokumentasi foto selama penyelenggaraan acara FKP, silahkan mengunjungi halaman Facebook The SMERU Research Institute. 

 

Sincerely,

The SMERU Research Institute