Peta Kemiskinan dan Penghidupan

Peta interaktif SMERU, yaitu Peta Kemiskinan dan Penghidupan Indonesia, menyediakan informasi terperinci tentang tingkat kemiskinan dan kondisi penghidupan di 33 provinsi, 497 kabupaten dan kota, 6.654 kecamatan, dan 76.125 desa di seluruh Indonesia. Peta ini menampilkan estimasi angka kemiskinan penduduk secara umum dan anak-anak (penduduk di bawah 18 tahun) pada 2010 dengan menggunakan garis kemiskinan nasional dan internasional ($2 PPP).

Peta yang dapat diakses publik secara cuma-cuma ini sangat bermanfaat bagi program penanggulangan kemiskinan dan bantuan sosial, terutama dalam hal penargetan geografis di tingkat kecamatan dan desa. Peta ini juga dapat digunakan untuk menentukan jenis bantuan yang diperlukan di daerah-daerah tertentu, atau sebagai data baseline dalam rangka evaluasi program.

Peta ini disusun dengan dukungan Ford Foundation Indonesia dan UNICEF. Data yang digunakan adalah data Sensus Kependudukan 2010, Survei Sosial-Ekonomi Nasional (Susenas) 2010, dan Potensi Desa (Podes) 2011. Estimasi angka kemiskinan yang ditampilkan dalam peta ini dihitung dengan menggunakan metode small area estimation (estimasi wilayah kecil). Peta ini memutakhirkan Peta Kemiskinan Indonesia 2003 yang kami susun berdasarkan data Sensus Kependudukan 2000. Peta Kemiskinan Indonesia 2003 tidak tersedia dalam jaringan (online), tetapi jika Anda ingin mendapatkannya, silakan hubungi smeru@smeru.or.id.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi povmap@smeru.or.id atau kunjungi www.indonesiapovertymap.org.