Risa Nihayah

Nama Panggilan
Risa
 
Jabatan
Peneliti
 
Kualifikasi

Risa meraih gelar magister di bidang studi pembangunan dari the International Institute of Social Studies (ISS), Erasmus University Rotterdam dan gelar sarjana dari Departemen Sosiologi, Universitas Indonesia.


Deskripsi Pekerjaan

Risa adalah peneliti kualitatif pada Program RISE di Indonesia. Saat ini Risa menjadi koordinator penelitian dari dua studi yang saling terkait. Studi pertama bertujuan untuk memahami dua kota yang memiliki kinerja terbaik di bidang ekonomi melalui pendekatan etnografis. Studi kedua bertujuan untuk memahami penyebaran inovasi kebijakan pendidikan di era otonomi daerah. Selain itu, Risa juga terlibat dalam dua studi yang melihat kebijakan zonasi di daerah.


Pengalaman Kerja

Sebelum melanjutkan studi magister, Risa bekerja sebagai peneliti di LabSosio, Pusat Kajian Sosiologi, Universitas Indonesia. Risa juga pernah terlibat di proyek penelitian dengan beberapa lembaga, diantaranya Pusat Kajian Komunikasi, Universitas Indonesia, REDD+ Taskforce, University of Groningen, dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).


Prestasi

Pada 2012, Risa terpilih menjadi delegasi muda dari East Asian Seas (EAS) Congress di Korea Selatan dan mendapatkan beasiswa penuh untuk berpartisipasi pada acara tersebut. Di tahun berikutnya, Risa juga mendapat hibah sebagai siswa penelitian dan menyelesaikan University of Tokyo Summer Internship Program (UTSIP), Graduate School of Frontier Studies, University of Tokyo.