Seminar Nasional: Berbagi Hasil Penelitian Sosial-Ekonomi LP2M UNHAS dan SMERU

Pada 9 Mei 2018 SMERU bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin dan BaKTI untuk menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional: Berbagi Hasil Penelitian Sosial-Ekonomi, sebagai bagian dari rangkaian acara Forum Pembangunan Daerah. Seminar ini secara umum bertujuan mengkonsolidasikan berbagai hasil penelitian sosial-ekonomi di Sulawesi Selatan yang terkait dengan isu pengurangan kemiskinan dan ketimpangan serta pembangunan daerah secara umum.

Selain itu, acara ini juga bertujuan meningkatkan pemanfaatan hasil-hasil penelitian dalam penyusunan kebijakan publik, khususnya kebijakan untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan. Kegiatan seminar nasional ini dihadiri oleh pemangku kepentingan di ruang lingkup akademik, pemerintah daerah, lembaga donor, lembaga nonpemerintah, lembaga penelitian, praktisi, pakar serta pemangku kepentingan lain di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar dan di lokasi-lokasi penelitian SMERU.

Seminar dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Laode Asrul, MA (Kepala LP2M UNHAS), Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA (Rektor UNHAS), dan Dr. Asep Suryahadi (Direktur the SMERU Research Institute).  Kemudian sesi pleno diawali dengan pidato kunci oleh Dr. Sudarno Sumarto (Penasihat Kebijakan TNP2K) dengan tema “Peningkatan Kualitas Penelitian untuk Penyusunan Kebijakan Publik”. Selanjutnya seminar dibagi menjadi dua sesi presentasi, masing-masing dengan topik “Pembangunan Perdesaan” dan “Ketimpangan Ekonomi”. Kedua sesi tersebut membahas penelitian-penelitian yang sudah dilakukan SMERU dan lembaga lain, termasuk P3KM UNHAS.

Seluruh sesi dalam seminar ini menghasilkan beberapa rekomendasi, seperti perlunya (i) mendorong pemerintah untuk mengeluarkan indikator ukuran ketimpangan yang jelas di tingkat kabupaten/kota, (ii) sinkronisasi agenda dan target nasional dengan agenda dan target pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, dan (iii) pengarusutamaan isu ketimpangan ke dalam rencana pembangunan dan program pemerintah daerah. Selain itu, muncul rekomendasi untuk meningkatkan pemanfaatan bukti dalam pembuatan kebijakan untuk merumuskan kebijakan inklusif yang berbasis bukti.

Dalam Forum Pembangunan Daerah dan Seminar Nasional Berbagi Hasil Penelitian juga terdapat pameran poster dan foto serta pemutaran video hasil penelitian SMERU. Melalui pameran ini para peserta diharapkan dapat berdiskusi dengan peneliti SMERU tentang hasil studi yang ditampilkan dalam pameran dan bertukar pikiran mengenai berbagai isu sosial-ekonomi dan kebijakan publik, khususnya di Sulawesi Selatan.

Kami mengundang Anda untuk mengunjungi situs web SMERU untuk mengakses materi seminar, seperti dokumen presentasi (.pdf) dan video seminar melalui tautan berikut: http://bit.ly/SeminarNasional_2018

Jika Anda ingin melihat dokumentasi foto selama penyelenggaraan acara seminar, silakan mengunjungi halaman Facebook The SMERU Research Institute (www.facebook.com/SMERUInstitute).