The SMERU Research Institute sebagai mitra pengetahuan pada Forum OECD

 

 

 

Sejak 2013, The SMERU Research Institute diundang untuk berpartisipasi sebagai mitra pengetahuan pada Forum OECD. Sampai saat ini, SMERU telah hadir sebagai peserta aktif dalam dua kesempatan. Pada April 2013, Widjajanti Isdijoso (Wakil Direktur Bidang Penelitian dan Penjangkauan) memberikan presentasi berjudul “Intergovernmental Coordination of Social Protection in Decentralized Indonesia” di acara OECD Workshop on Inclusive Growth. Pada 2014, Rachma Indah Nurbani (Peneliti Senior) menghadiri sesi the IdeaFactory untuk ikut serta dalam diskusi mengenai “A New Age”. Partisipasi Rachma dalam forum tersebut mengawali peran SMERU sebagai mitra pengetahuan Forum OECD bersama dengan empat lembaga think tank dari beberapa negara berkembang. Tahun ini SMERU akan kembali bergabung dalam Forum OECD 2016–yang akan fokus pada isu ekonomi produktif dan masyarakat inklusif, termasuk produktivitas & pertumbuhan inklusif, inovasi dan ekonomi digital, dan kolaborasi internasional–sebagai Friend of the Forum.

Forum OECD merupakan sebuah perhelatan ajang berkumpulnya para pemimpin dan tokoh sipil berpengaruh dari berbagai sektor–seperti pejabat dan mantan pejabat negara dan pemerintahan, pejabat eksekutif tertinggi, pemimpin LSM & serikat buruh, serta akademisi dan media–untuk mendiskusikan tantangan sosial ekonomi mendesak yang dihadapi masyarakat.

Forum ini merupakan pertemuan strategis berbagai pemangku kepentingan untuk menyampaikan mandat OECD sebagai sebuah jaringan kebijakan global yang insklusif dan bertujuan mempromosikan kebijakan yang lebih baik untuk kehidupan yang lebih baik. Di forum ini terdapat berbagai macam sesi dalam format interaktif untuk memfasilitasi terjalinnya hubungan dan pertukaran informasi yang bertujuan untuk membentuk serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat dunia.

Info selengkapnya tentang penyelenggaraan acara Forum OECD 2016 dapat dilihat melalui tautan: https://www.oecd.org/forum/


Bagikan Postingan Ini