Temu Berbagi Penelitian 2016

 

 

 

 

 

 

Dari tahun ke tahun, The SMERU Research Institute terus memperkuat kapasitas kegiatan penelitiannya dan berusaha untuk terus memperluas jangkauan melalui penyebarluasan hasil penelitian dalam format laporan, kertas kerja, catatan kebijakan, dan seminar serta lokakarya. Berbagai penelitian yang dilakukan SMERU memperlihatkan pentingnya sinergi antara Pemerintah Pusat, pemerintah daerah, dan berbagai pelaku pembangunan serta pemangku kepentingan lainnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Dinamika kemiskinan juga semakin kompleks dengan tingginya tingkat urbanisasi. Kemiskinan di perkotaan akan menjadi isu masa depan yang penting untuk ditangani, sementara kemiskinan di perdesaan juga masih terus membutuhkan perhatian.

Selama ini, SMERU telah melaksanakan penelitian di berbagai daerah, namun kesempatan untuk menyebarluaskan hasil penelitian lebih banyak terdapat di tingkat pusat. Mengingat semakin pentingnya peranan pemerintah daerah dalam program penanggulangan kemiskinan–bahkan, dengan diberlakukannya Undang Undang Desa, sampai ke tingkat desa–SMERU merasa perlu lebih mengintensifkan komunikasi dan dialog dengan pemangku kepentingan di daerah.

 

Lokakarya Peranan Pemerintah Daerah dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin

Dalam konteks itu, SMERU bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta menyelenggarakan lokakarya dengan tema “Peranan Pemerintah Daerah dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin”. Acara ini diselenggarakan di Bale Tawang Arum, Kantor Walikota Surakarta, pada Selasa, 29 Maret 2016.

Tujuan utama penyelenggaraan acara ini adalah untuk mendiskusikan upaya peningkatan keterpaduan kebijakan Pemerintah Pusat, pemerintah daerah, dan pelaku pembangunan lainnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Lokakarya ini secara khusus menyoroti tantangan-tantangan yang dihadapi pelaku pembangunan ketika melakukan upaya penanggulangan kemiskinan, dengan melihat dinamika kemiskinan di perkotaan dan kondisi kemiskinan yang dihadapi anak–dua isu yang menjadi makin penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan ketimpangan sosial dalam jangka panjang.

 

Seminar Nasional Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin: Berbagi Hasil Penelitian Jurusan Ekonomi Pembangunan (UNS) dan The SMERU Research Institute

Keesokan harinya, Rabu 30 Maret 2016, diadakan acara "Seminar Nasional Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin: Berbagi Hasil Penelitian Jurusan Ekonomi Pembangunan (UNS) dan The SMERU Research Institute”. Acara ini merupakan kerjasama antara SMERU dengan Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret (UNS). Pada acara ini, kedua lembaga memaparkan hasil penelitian yang berfokus pada bidang-bidang penelitian sosial-ekonomi yang menjadi isu pembangunan dewasa ini.

Dalam seminar nasional tersebut, SMERU memperkenalkan kegiatan penelitian dan publikasinya, terutama yang terkait dengan penelitian yang dilakukan di Kota Surakarta pada khususnya dan Provinsi Jawa Tengah pada umumnya. Selain itu, SMERU juga memanfaatkan kegiatan ini untuk mendapatkan masukan dari pemangku kepentingan di daerah terkait arah penelitian SMERU di masa depan.

Selain pemaparan hasil penelitian, kedua acara ini juga diisi dengan pameran poster dan foto serta pemutaran video hasil penelitian SMERU. Melalui pameran ini diharapkan terjalin interaksi antara peserta dan peneliti sehingga kedua belah pihak dapat berdiskusi dan menggali pengalaman dalam isu-isu kebijakan publik. Lokakarya dan seminar nasional ini dihadiri oleh, antara lain, pemangku kepentingan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, pemerintah daerah kabupaten/kota di sekitar Surakarta dan Solo Raya, anggota DPRD, akademisi, praktisi, dan pegiat lembaga swadaya masyarakat.

Keseluruhan hasil lokakarya dan seminar nasional ini diharapkan dapat mendorong pemanfaatan hasil penelitian guna meningkatkan pemahaman mengenai permasalahan kemiskinan dan ketimpangan sosial, serta meningkatkan efektivitas kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan, baik pada skala nasional maupun regional. 

 

Tindak lanjut Pasca-acara Lokakarya dan Seminar Nasional

Kami mengundang Anda untuk mengunjungi situs SMERU untuk mengakses materi seminar, seperti dokumen presentasi (pdf) dan tautan video Lokakarya dan Seminar Nasional. Jika Anda ingin melihat dokumentasi foto selama penyelenggaraan acara lokakarya dan seminar nasional, silahkan mengunjungi halaman Facebook The SMERU Research Institute. 

 


Bagikan Postingan Ini