Workshop Peningkatan Kapasitas Metodologi Kajian APBD Constraint Analysis untuk DJPK, Kementerian Keuangan

Palmira Permata Bachtiar , Asep Kurniawan, Rendy Adriyan Diningrat, Nina Toyamah, Wiwin Purbaningrum
2019

Mitra Kerja

Donor: KOMPAK-DFAT

Mitra: DJPK, Kementerian Keuangan

 
 

Gambaran dan Perkembangan

Latar Belakang

Guna menilai kesiapan Pemerintah Daerah secara umum, khususnya kondisi keuangan dan kemampuannya serta menilai kinerja pelayanan pemerintah pada bidang-bidang pendidikan, kesehatan, urusan wajib bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil (identitas hukum) dan pengembangan ekonomi, maka dibutuhkan sebuah upaya analisis yang komprehensif.

KOMPAK bersama Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, DJPK akan menyusun kajian untuk menganalisis pengelolaan keuangan daerah khususnya dari sisi perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan serta pencapaian keuangan atas kinerja program dan kegiatannya, guna menganalisis kondisi dan tantangan yang dihadapi dalam memberikan pelayanan publik, baik secara umum di tingkat Kabupaten maupun di tingkat SKPD/OPD.

Berkaitan dengan proses tersebut, perlu adanya pelatihan metodologi dalam proses penyusunan kajian dalam rangka APBD Constraint Analysis secara khusus dan secara umum terkait dengan pengeluaran publik (Public Expenditure Analysis). KOMPAK meminta SMERU untuk memfasilitasi training tsb.

Tujuan

  1. Memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan tentang kebutuhan analisis Pemerintah Daerah yang dapat dilakukan secara mandiri dengan sederhana dan mudah.
  2. Mengeksplorasi metode kajian yang tepat untuk analisis APBD dari proses penyusunan instrumen pengumpulan data baik primer (misal: metode wawancara) maupun sekunder, proses analisis kuantitatif dan kualitatif, serta penarikan kesimpulan analisis.
  3. Mempraktekkan metodologi analisis tersebut dalam proses analisis kinerja APBD dan kinerja keuangan sektor berdasarkan data-data yang didapat.

Metodologi

Metode dan bentuk kegiatan ini adalah sharing pengetahuan terkait metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk mendukung kajian APBD dan analisis sectoral yang sedang dilakukan oleh KOMPAK Bersama DJPK.


Bagikan Postingan Ini