Data & Informasi

SMERU bertujuan mendukung peneliti, mahasiswa, pembuat kebijakan, dan praktisi dengan menyediakan sumber data dan informasi yang berguna dan dapat membantu kegiatan mereka. Data dan informasi berikut tersedia untuk diakses masyarakat.

SMERU mengelola pangkalan data dalam jaringan (online) tentang organisasi nonpemerintah (ornop) nasional dan daerah yang paling lengkap di Indonesia. Saat ini ada sekitar 3.000 ornop yang tersimpan dalam pangkalan data kami yang menyediakan informasi mengenai nama, alamat, penghubung, visi, misi, bentuk hukum, kegiatan, dan sektor ornop. Pangkalan data ornop ini menjadi sumber data berharga yang memfasilitasi lembaga-lembaga lain dalam mengontak dan berkomunikasi dengan berbagai ornop di seluruh Indonesia, serta bagi mereka yang sedang melakukan penelitian tentang ornop di Indonesia. Silakan menghubungi Hariyanti Sadaly di hari@smeru.or.id jika ingin memasukkan data organisasi Anda ke dalam pangkalan data ornop kami.

Peta Kemiskinan dan Penghidupan Indonesia menyediakan informasi terperinci tentang estimasi angka kemiskinan dan kondisi penghidupan di 33 provinsi, 497 kabupaten dan kota, 6.654 kecamatan, dan 76.125 desa pada 2010/2011. Peta yang dapat diakses publik secara cuma-cuma ini sangat bermanfaat bagi program-program penanggulangan kemiskinan dan bantuan sosial, terutama dalam hal penargetan geografis di tingkat kecamatan dan desa. Peta ini juga dapat digunakan untuk menentukan jenis bantuan yang diperlukan di daerah-daerah tertentu, atau sebagai data baseline dalam rangka evaluasi program.

SMERU mengelola perpustakaan internal yang memiliki koleksi sebanyak 7.000 buku dan eBooks. Koleksi ini mencakup beragam topik, termasuk kemiskinan, ekonomi, pembangunan, pendidikan, dan data statistik. Meskipun perpustakaan SMERU bukan perpustakaan umum, Anda dapat membuat janji dengan pustakawan kami jika ingin berkunjung dan memanfaatkan koleksi kami.