Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan

______________________________________________________________________________________

Pengumuman Peserta Lolos Seleksi

Unduh di sini
Jika Anda tertarik untuk mengikuti pelatihan gelombang berikutnya atau
instansi Anda ingin mengadakan inhouse training, silakan menghubungi:
Rendy (rdiningrat@smeru.or.id)
______________________________________________________________________________________

1. Tentang Pelatihan

Kemiskinan merupakan isu strategis yang perlu mendapat perhatian bersama dalam perumusan kebijakan. Sehubungan dengan itu, The SMERU Research Institute bekerja sama dengan Knowledge Sector Initiative (KSI) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengembangkan Modul Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan bagi analis kebijakan, baik di sektor pemerintahan maupun nonpemerintahan.

Modul Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan menawarkan pemahaman dasar terkait konteks, konsep, dan teknik dasar analisis kebijakan penanggulangan kemiskinan berbasis bukti. Dari segi alur, modul ini disusun mengikuti siklus perumusan kebijakan, yang mencakup pemetaan isu kemiskinan dalam agenda kebijakan, pengukuran kemiskinan, perumusan, hingga monitoring dan evaluasi kebijakan penanggulangan kemiskinan. Dengan demikian, modul ini dapat menjadi panduan bagi para analis kebijakan untuk merumuskan dan menganalisis kebijakan-kebijakan yang sensitif terhadap kemiskinan di lembaga tempat mereka bekerja.

Sebagai tindak lanjut dari penyusunan modul tersebut, The SMERU Research Institute bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Universitas Hasanuddin, serta LAN, dan KSI akan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan, bertempat di Kota Makassar. Kegiatan ini mengundang peserta dari kalangan ASN dan non-ASN yang berada di Kawasan Indonesia Bagian Timur sebagai bagian dari upaya The SMERU Research Institute dalam mendorong peningkatan kualitas kebijakan pembangunan berbasis bukti.

2. Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan kompetensi dan kapasitas peserta untuk melakukan kajian dan analisis kebijakan publik, khususnya penanggulangan kemiskinan;
  2. Menciptakan ruang pertukaran pengetahuan (knowledge sharing) antara peserta kegiatan pelatihan baik berasal dari ASN dan non-ASN di Kawasan Indonesia Bagian Timur, The SMERU Research Institute, LAN, dan KSI mengenai praktik cerdas dalam analisis kebijakan penanggulangan kemiskinan.
  3. Mendapatkan masukan (feedback) agar Modul Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan semakin sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders);

3. Pelaksana

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama The SMERU Research Institute, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Universitas Hasanuddin, dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan didukung oleh Knowledge Sector Initiative (KSI).

4. Narasumber

Materi pelatihan akan diisi oleh narasumber dari The SMERU Research Institute serta narasumber tamu dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), Bappenas, Universitas Hasanuddin, dan Knowledge Sector Initiative (KSI).

5. Kegiatan

Kegiatan pelatihan dilakukan di dalam kelas (in-class) selama 3 (tiga) hari berturut-turut pada 11-13 Februari 2020 di Hotel Aston, Kota Makassar.

6. Peserta

Peserta terdiri dari maksimal 30 orang yang berasal dari ASN (diutamakan Analis Kebijakan) dan dari non-ASN (LSM/NGO/CSO, pihak swasta, dan perguruan tinggi) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Berdomisili atau wilayah kerja di Indonesia Bagian Timur seperti Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Ditugaskan oleh pimpinan tempat kerja dibuktikan dengan lampiran Surat Tugas;
  • Melampirkan Daftar Riwayat Hidup/CV dengan menyebutkan:
    1. Berpengalaman menyusun atau terlibat dalam kegiatan pengelolaan kebijakan publik (diutamakan pernah menyusun kertas kebijakan);
    2. Menguasai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, minimal menguasai aplikasi Microsoft Office (Word dan PowerPoint) dan penggunaan internet untuk mendukung pekerjaan;
    3. Tiga nama dan kontak pemberi referensi yang dapat dihubungi.
  • Menulis satu halaman Surat Pernyataan Motivasi untuk mengikuti kegiatan pelatihan;
  • Melengkapi Surat Pernyataan (unduh template) yang menyatakan komitmen/kesanggupan untuk menanggung biaya akomodasi dan transportasi, serta mengikuti pelaksanaan kegiatan secara penuh berupa pelatihan di dalam kelas selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 11-13 Februari 2020.

7. Biaya dan Fasilitas

Pelaksanaan training tidak dipungut biaya untuk 24 peserta/ instansi tempat peserta bekerja tetap perlu menanggung biaya akomodasi (seperti menginap dan makan malam, bila diperlukan) serta biaya transportasi dari/ke tempat pelatihan. Jika kuota telah terpenuhi dan masih ada ASN/non-ASN/instansi/OPD/lembaga masih ingin menambah/mengirim peserta, maka dikenakan biaya pelatihan dan biaya akomodasi. Kuota penambahan ini maksimal sebanyak 6 (enam) peserta.

Peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diberikan sertifikat telah mengikuti Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan yang ditandatangani oleh Direktur The SMERU Research Institute sebagai penyelenggara kegiatan. Untuk memperoleh kompetensi sebagaimana diuraikan di atas, maka kurikulum Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan disusun sebagai berikut:

Unduh Kurikulum

 

Pendaftaran melalui website:

"Mohon maaf pendaftaran telah ditutup"
 

Pendaftaran dibuka: 20-29 Januari 2020
Pengumuman peserta yang lolos seleksi: 3 Februari 2020

 

Narahubung:
Akhmadi
email: akhmadi@smeru.or.id