Akses Perempuan Miskin terhadap Pelayanan Umum - Endline

Athia Yumna , Hafiz Arfyanto , Nila Warda, Mayang Rizky, Veto Tyas Indrio, Ana Rosidha Tamyis, Dyan Widyaningsih, Ruhmaniyati , Jimmy Daniel Berlianto Oley, Asep Kurniawan, Sri Murniati
2020

Mitra Kerja

Pemberi Dana Proyek: Cowater - DFAT

 
 

Gambaran dan Perkembangan

Latar Belakang

Studi ini adalah bagian dari seri studi longitudinal yang berlangsung dari 2014–2020 mengenai kehidupan perempuan miskin di Indonesia dalam lima ranah tematik MAMPU:

  1. meningkatkan akses perempuan terhadap program-program perlindungan sosial pemerintah;
  2. meningkatkan akses perempuan terhadap pekerjaan dan menghapuskan diskriminasi di tempat kerja;
  3. meningkatkan kondisi untuk migrasi para pekerja migran perempuan;
  4. memperkuat kepemimpinan perempuan demi kesehatan ibu dan reproduksi yang lebih baik; dan
  5. memperkuat kepemimpinan perempuan untuk mengurangi kekerasan terhadap perempuan.

SMERU telah melakukan studi baseline pada 2014, yang memberikan gambaran awal atas kehidupan perempuan miskin yang berkaitan dengan ranah studi. Selanjutnya, studi midline dirampungkan pada 2017, yang mendokumentasikan perubahan-perubahan dalam periode 2014–2017 terkait akses terhadap pelayanan bagi rumah tangga miskin. Studi endline ini akan mengukur kontribusi MAMPU dalam meningkat akses perempuan miskin terhadap program dan pelayanan pemerintah. 

Studi endline ini menggunakan hasil studi midline sebagai dasar untuk menganalisis perubahan yang terjadi di tingkat desa. Studi midline menemukan peningkatkan yang konsisten dan luas atas akses bagi rumah tangga miskin dalam dua ranah: program perlindungan sosial dan pelayanan kesehatan reproduksi dan nutrisi. Sementara itu, perubahan akses terhadap pelayanan lainnya, seperti perlindungan bagi pekerja rumahan, pekerja migran, dan korban perempuan dalam kekerasan lebih bervariasi. Berdasarkan studi midline, terdapat perubahan-perubahan signifikan di kabupaten-kabupaten tempat para mitra MAMPU bekerja.

Berdasarkan temuan studi midline, kami akan menelusuri lebih dekat perbedaan perubahan dalam akses terhadap pelayanan di rumah tangga miskin di desa-desa tempat MAMPU bekerja dan desa-desa di luar wilayah kerja MAMPU. Studi endline ini akan tidak hanya merekam perubahan-perubahan tersebut, tetapi juga menguak korelasi antara penyedia permintaan dan penawaran atas pelayanan tersebut, serta pengaruh MAMPU pada kedua aspek.

 

Tujuan

  1. Mengevaluasi kondisi sosial-ekonomi perempuan miskin dan rumah tangga mereka
  2. Menilai perubahan akses perempuan terhadap pelayanan dasar setelah studi midline pada 2017

Studi ini akan mencoba menjawab pertanyaan penelitian berikut ini:

  1. Apa perubahan besar yang telah terjadi dalam akses rumah tangga miskin terhadap pelayanan kunci dari pemerintah selama studi midline dan endline (2017–2019)?
  2. Apa faktor-faktor yang terlah berkontribusi pada perubahan-perubahan ini dan bagaimana faktor tersebut mengemuka?
     

Metodologi    

Studi ini akan menggunakan pendekatan mixed-method yang mana metode kuantitatif akan menjadi metode utama pada tahap analisis. Metode kualitatif akan digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menjelaskan perubahan yang dialami perempuan miskin, baik dari sisi permintaan maupun penawaran. Studi ini akan mengeksplorasi dinamika tindakan kolektif yang diambil oleh perempuan miskin, bagaimana mitra MAMPU memainkan perannya, dan bagaimana peran mereka memengaruhi akses perempuan terhadap layanan publik.

Studi endline ini akan melibatkan responden yang sama yang disurvei dalam studi baseline dan midline. Data dari studi midline akan digunakan untuk menganalisis perubahan yang terjadi di tingkat desa.


Bagikan Postingan Ini