Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi Pandemi terhadap Rumah Tangga di Indonesia

Pembicara:
Suahasil Nazara
Alison Duncan
Kanasugi Kenji
Debora Comini
Norimasa Shimomura
Athia Yumna
Vivi Yulaswati
Vivi Alatas
Titik Anas
Deskripsi:

Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi kehidupan ekonomi di tataran rumah tangga, dimana 50% diantaranya mengalami kesulitan keuangan. Keterbatasan lapangan pekerjaan karena kegiatan bisnis yang lesu akibat dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menyebabkan berkurangnya pemasukan rumah tangga, disaat harga berbagai kebutuhan sehari-hari cenderung meningkat.

Akses untuk mendapatkan layanan dasar sosial juga semakin sulit di saat pandemi, sehingga masyarakat kesulitan untuk memperoleh pangan berkualitas untuk gizi yang layak, layanan kesehatan, dan pendidikan bagi anak. Perlu analisa lebih dalam terkait dampak ekonomi-sosial pandemi pada pendapatan dan pengeluaran rumah tangga di Indonesia, sehingga pemetaan masalah menjadi jelas dan lebih mudah diatasi.

Sehubungan dengan ini, UNDP Indonesia, UNICEF Indonesia, Australia-Indonesia Partnership for Economic Development (Prospera) dan The SMERU Research Institute, didukung oleh Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengadakan studi untuk menilai dampak ekonomi-sosial pada rumah tangga akibat pandemi yang berfokus pada kelompok rentan yaitu anak-anak, perempuan dan disabilitas. Dengan melibatkan lebih dari 12.000 keluarga di 34 provinsi dan 247 kabupaten selama periode Oktober - Desember 2020, hasil studi tersebut telah disusun dalam laporan berjudul “Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi Pandemi terhadap Rumah Tangga di Indonesia”. 

Waktu: Kamis, March 4, 2021 , 13:30-16:00 (GMT+7)
Tempat:
Zoom Webinar
Kontak: Ratri Indah Septiana , rseptiana@smeru.or.id

Bagikan Postingan Ini