Identifikasi Indikator Utama untuk Target Kemajuan Inklusif April 2030

Athia Yumna , Mayang Rizky , Veto Tyas Indrio, Rizki Fillaili
2021

Mitra Kerja

Project Donor/Funder: PT Riau Andalan Pulp and Paper

 
 

Gambaran dan Perkembangan

Latar Belakang

Seiring diluncurkannya komitmen APRIL2030, APRIL telah menyusun serangkaian sasaran yang akan dicapai di tahun 2030. Seluruh sasaran dirancang dengan target dan indikator guna memastikan bahwa kemajuan yang diperoleh dapat diukur secara teratur dan memastikan keselarasannya dengan SDGs PBB. Salah satu dari 4 komitmen dalam APRIL2030 adalah Inclusive Progress (Kemajuan Inklusif). Kemajuan inklusif meliputi sasaran untuk memberdayakan masyarakat melalui prakarsa transformatif di bidang layanan kesehatan, pendidikan, dan kesetaraan gender. Bagian penting di dalamnya ialah sasaran untuk menghapus kemiskinan ekstrem di masyarakat yang berada dalam radius 50 km dari wilayah operasional, sembari meningkatkan pendidikan dan akses universal pada layanan kesehatan dasar yang terjangkau. Secara khusus, APRIL berfokus pada upaya menurunkan prevalensi tengkes (stunting) pada anak balita di provinsi Riau hingga 50%. APRIL juga akan mengupayakan mendorong partisipasi efektif perempuan di bidang sosial dan ekonomi serta memberikan kesetaraan peluang untuk pengembangan.

Tujuan
Studi ini akan mencangkup dua point pembahasan diantaranya:

  1. Untuk melakukan scoping study (studi pendahuluan) agar APRIL dapat mencapai target kemajuan inklusif APRIL 2030.  
  2. Secara khusus ditujukan untuk mengidentifikasi indikator utama untuk target kemajuan inklusif APRIL 2030, menyediakan data baseline untuk target terkait kesehatan dan prevalensi stunting, serta merancang desain monitoring dan evaluasi untuk dua program terkait penanggulangan kemiskinan dan stunting.

Metodologi

Telaah dokumen APRIL dan literatur mengenai kesesuaian antara program dan indikator/target dalam sasaran APRIL2030. Pengumpulan data kuantitatif terkait beberapa indikator/target dalam sasaran APRIL2030. Diskusi lanjutan dengan tim program community development APRIL serta pemangku kepentingan terkait dalam menyusun desain program untuk penanggulangan kemiskinan dan stunting.


Bagikan Postingan Ini