Meningkatkan Keterlibatan dan Pengaruh Kebijakan di Tingkat Nasional dan Subnasional

Athia Yumna , Mayang Rizky, Nuning Akhmadi, Veto Tyas Indrio, Hesti Marsono, Akhmadi , Yudi Fajar M. Wahyu
2020

Mitra Kerja

Pemberi Dana Proyek:
KSI - DFAT
 

 
 

Gambaran dan Perkembangan

Latar Belakang

Berkembangnya kondisi politik Indonesia menuju pemerintahan yang lebih demokratis, seiring dengan membaiknya tingkat pendidikan dan pendapatan per kapita, sedikit banyak turut meningkatkan kemampuan menggunakan penelitian (data dan analisis) sebagai dasar perumusan kebijakan. Hal ini tercermin antara lain dari meningkatnya permintaan akan studi pendahuluan yang lebih akurat untuk perumusan draf teknokratis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Komitmen Indonesia dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), yang telah disosialisasikan hingga ke pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, telah meningkatkan permintaan akan data dan analisis yang lebih tepercaya di tingkat daerah. Hingga saat ini, SMERU telah berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan yang terus bertambah ini, dan akan terus memberikan kontribusinya.

 

Tujuan

SMERU mencoba mengisi celah antara pengetahuan dan ketersediaan data dengan bekerja sama dengan pejabat pemerintah daerah di unit kerja pemerintah daerah terkait. Proyek ini akan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang memperluas dan memperkuat keterlibatan kebijakan di tingkat nasional dan subnasional.

 

Metodologi

SMERU akan menyelenggarakan dua kegiatan dalam studi ini:

  1. Berkomunikasi dan berdiskusi dengan Pemerintah Pusat mengenai berbagai topik, khususnya RPJMN.
  2. Memberikan bantuan teknis dalam merumuskan kebijakan perencanaan pembangunan yang memihak masyarakat miskin dan inklusif kepada sejumlah pemerintah daerah, yaitu (a) Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) dan Universitas Islam Makassar, (b) Nusa Tenggara Barat/SDGs Center, (c) Kabupaten Bangka dan Stisipol, dan (d) Jawa Barat, melalui uji coba Peraturan Presiden No. 16/2018.

Bagikan Postingan Ini