Penentu Kinerja Murid Sekolah Dasar di Indonesia: Peranan Guru dan Sekolah

Daniel Suryadarma, Rima Prama Artha, Asep Suryahadi, Sudarno Sumarto, F. Halsey Rogers
Pendidikan
Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bengkulu, Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan
Kertas Kerja, September, 2005, Final
Unduh


ABSTRAK

Kertas kerja ini membahas sejumlah faktor penentu kinerja murid berdasarkan tes matematik dan dikte terhadap murid Kelas 4 sekolah dasar di Indonesia. Kami menggunakan dataset informasi murid dan sekolah yang unik, yang dikumpulkan dalam suatu survei nasional yang representatif di 110 sekolah umum di 8 provinsi yang dilakukan pada tahun 2003. Dengan menggunakan teknik regresi OLS yang mengkompensasi adanya heteroskedasitas, kami melakukan regresi di tingkat murid yang terpisah terhadap tiga variabel kinerja murid, yaitu: nilai matematik, nilai dikte dan nilai gabungan dua tes tersebut. Diketemukan bahwa kinerja murid sangat dipengaruhi oleh variabel individu, variabel guru dan variabel sekolah. Diantara variabel-variabel yang signifikan adalah tingkat pendidikan orang tua; rasio guru-murid; kualitas fasilitas sekolah dan tingkat kehadiran guru. Kami juga membahas implikasi kebijakan dari hasil studi ini.

Kata kunci: ketidakhadiran; sekolah dasar; kinerja murid.


Bagikan Postingan Ini