Penyusunan Indeks Kesejahteraan Sosial (IKESOS) 2021

Asep Suryahadi , Nila Warda , Wandira Larasati, Hastuti , Yudi Fajar M. Wahyu
2021

Mitra Kerja

Project Donor/Funder: Kementerian Sosial

 
 

Gambaran dan Perkembangan

Background

Sejak 2017, SMERU telah berkontribusi dalam penyusunan dan penyempurnaan beberapa indeks, yaitu penyusunan Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif, penyempurnaan Indeks Demokrasi Indonesia, penyempurnaan Indeks Kebudayaan, dan pemutakhiran Indeks Pembangunan Pemuda. Dengan pengalaman ekstensif melalui keterlibatan dalam membangun beberapa indeks tersebut, SMERU dapat berkontribusi dalam pengembangan dan perhitungan Indeks Kesejahteraan Sosial (IKESOS).

Studi ini adalah kelanjutan dari kegiatan yang sama di akhir tahun 2020. Sampai Desember 2020, SMERU telah menyelesaikan perumusan kerangka konseptual Ikesos beserta struktur pembentuknya, yakni kelompok sasaran, dimensi, subdimensi, serta indikator. Pada 2021 ini, SMERU akan melanjutkan kerjasama dengan Kemensos untuk menyelesaikan tahapan penyusunan Ikesos.

Objective

Tujuan dari studi ini adalah melanjutkan tahapan penyusunan IKESOS yang menggambarkan kondisi kesejahteraan masyarakat miskin dan rentan, sekaligus menggambarkan capaian dari pelaksanaan program atau kegiatan terkait. Secara terperinci studi ini diarahkan untuk:

  1. Melakukan uji coba perhitungan Ikesos dengan pembobotan sederhana
  2. Menentukan pembobotan untuk setiap struktur pembentuk Ikesos melalui metode Analytical Hierarchy Process (AHP)
  3. Membaharui perhitungan Ikesos dan melakukan evaluasi kelayakan
  4. Melakukan penghitungan final

Methodology

Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penentuan nilai minimum dan maksimum untuk setiap indikator dan evaluasi kelayakan hasil perhitungan Ikesos di daerah. Hal ini dilakukan melalui teknik diskusi kelompok terfokus (FGD) dengan para ahli dan pemangku kepentingan dan/atau wawancara mendalam. Sementara itu, pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penentuan pembobotan serta perhitungan Ikesos. Penentuan pembobotan dilakukan melalui survei dengan metode AHP kepada pemangku kepentingan dan eksper di bidang terkait.

Penyusunan Ikesos di periode kedua ini akan dimulai dengan melakukan uji coba perhitungan yang menggunakan pembobotan sederhana (tanpa melalui metode AHP). Berikutnya, akan dilakukan empat tahapan utama penyusunan Ikesos sebagai kelanjutan dari tiga tahapan yang sudah dikerjakan pada periode sebelumnya di 2020.


Bagikan Postingan Ini