Perancangan Pemetaan dan Pemprofilan Kemiskinan di Wilayah Kerja PT Riau Andalan Pulp and Paper

Sudarno Sumarto , Mayang Rizky , Ridho Al Izzati , Veto Tyas Indrio
2020

Mitra Kerja

Pemberi Dana Proyek: PT Riau Andalan Pulp and Paper

 
 

Gambaran dan Perkembangan

Latar Belakang

Sebagai perusahaan swasta yang berkomitmen melaksanakan prinsip bisnis yang baik dan berkelanjutan, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) berusaha menjunjung filosofi bisnis perusahaan, yaitu apapun yang perusahaan lakukan harus baik bagi negara, masyarakat, dan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan juga memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menanggulangi kemiskinan ekstrem di sekitar wilayah kerja perusahaan.

Dalam rangka mendukung komitmen tersebut, SMERU mengajukan usulan kegiatan studi komprehensif untuk memetakan dan membuat profil kemiskinan di wilayah kerja PT RAPP.  Hasil pemetaan dan profil kemiskinan ini akan digunakan sebagai dasar penyusunan strategi dan program pengurangan kemiskinan di wilayah kerja PT RAPP di Provinsi Riau.

 

Tujuan

Memahami kemiskinan secara lebih komprehensif di wilayah kerja PT RAPP di Provinsi Riau. Hal ini mencakup distribusi dan profil penduduk miskin dan rentan miskin di wilayah kerja PT RAPP.

 

Metodologi

Studi dilaksanakan dengan pendekatan metode campuran kuantitatif dan kualitatif melalui analisis data-data sekunder, verifikasi hasil pemetaan, dan pengumpulan data primer lain di lapangan.

Analisis data sekunder dilakukan di tingkat kabupaten hingga tingkat desa. Berbagai macam data sekunder yang tersedia (seperti Potensi Desa (Podes), Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), Basis Data Terpadu (BDT), Kabupaten/Kecamatan dalam Angka, serta hasil studi lain yang relevan) akan digunakan untuk mengetahui tipologi desa, infrastruktur dasar, karakteristik serta profil sosioekonomi penduduk miskin.

Untuk melengkapi data resmi kemiskinan dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang hanya sampai tingkat kabupaten/kota, SMERU akan menggunakan data Peta Kemiskinan dan Penghidupan Indonesia (selanjutnya disebut Peta Kemiskinan SMERU). Peta Kemiskinan yang dikembangkan oleh SMERU ini merupakan peta kemiskinan Indonesia pertama yang mengestimasi tingkat kemiskinan hingga ke tingkat kecamatan dan desa. Peta Kemiskinan SMERU ini akan disandingkan dengan peta wilayah kerja konsesi dan mitra pemasok PT RAPP yang tersebar di beberapa kabupaten di wilayah Provinsi Riau.

Verifikasi lapangan yang singkat dilakukan untuk mengoreksi dan melengkapi informasi terkait profil kemiskinan, khususnya di desa-desa dengan kemiskinan ekstrem.


Bagikan Postingan Ini