Efek Kebijakan Zonasi Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa

Penelitian Kebijakan
Latar Belakang 

Studi ini adalah bagian dari Program RISE di Indonesia, sebuah program penelitian multinegara berskala besar yang bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran dan memastikan proses belajar-mengajar yang lebih baik bagi semua pihak. Studi ini adalah salah satu komponen dalam Reform Area B dengan tujuan memahami dampak kebijakan pendidikan di tingkat kabupaten/kota.

Sejak pertama kali diluncurkan, program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis zonasi mendapat respons beragam. Kami menelaah dampak kebijakan zonasi baru ini terhadap siswa sekolah menengah pertama di Kota Yogyakarta.

Tujuan 

Mengukur dampak kebijakan penerimaan murid baru berdasarkan zonasi terhadap hasil belajar siswa di sekolah negeri dan swasta di Yogyakarta.

Metodologi 

Kami menggunakan metode kuantitatif dengan dua sumber data utama untuk mengestimasi dampak kebijakan zonasi terhadap hasil belajar siswa. Data pertama adalah nilai Ujian Akhir Sekolah Daerah (UASDA) para siswa yang belajar di sekolah negeri dan swasta di Yogyakarta pada 2017 dan 2018. Kami mengumpulkan data kedua pada 2019 dan 2020 dari 16 sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan 30 SMP swasta dengan menggunakan instrumen penilaian hasil belajar siswa yang kami kembangkan sendiri. Kami menggunakan metode pengambilan sampel terstratifikasi untuk mendapatkan sampel yang representatif dari semua SMP swasta di Yogyakarta.

 

Publikasi

  1. Temuan Awal Dampak Kebijakan PPDB Zonasi terhadap Segregasi Siswa SMP di Kota Yogyakarta
Koordinator 
Goldy Fariz Dharmawan
Anggota Tim 
Florischa Ayu Tresnatri
Daniel Suryadarma
Status 
Sedang bejalan
Tahun Penyelesaian 
2022
Pemberi Dana Proyek 
RISE Programme didukung oleh Pemerintah Inggris melalui Department for International Development (DFID), Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), dan Bill and Melinda Gates Foundation
Mitra Pengelola 
Oxford Policy Management (OPM) dan Blavatnik School of Government di University of Oxford
Mitra Teknis 
Amsterdam Institute for Global Health and Development (AIGHD) dan Mathematica Policy Research
Topik 
Wilayah Studi 

Bagikan laman ini