Guru adalah faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kontribusi terbesar atas capaian prestasi murid diberikan oleh guru. Di tengah keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, khususnya di daerah-daerah terpencil, peran guru semakin penting. Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketidakhadiran guru di daerah terpencil di negara-negara sedang berkembang masih cukup tinggi. Hal ini terjadi karena banyak dan rumitnya masalah yang harus dihadapi para guru di daerah tersebut, terutama terbatasnya fasilitas sekolah dan sulitnya akses ke sekolah karena kondisi alam, ketiadaan sarana transportasi, dan mahalnya biaya transportasi. Besarnya permasalahan yang tidak sebanding dengan insentif yang mereka peroleh dapat memperlemah motivasi dan kinerja guru dalam menjalankan tugas. Oleh karenanya, pemberian insentif yang memadai bagi guru yang bertugas di daerah terpencil sangat diperlukan agar pendidikan di daerah terpencil tidak semakin tertinggal dari daerah yang lebih maju.
