JATI DIRI KAMI

SMERU adalah sebuah lembaga independen yang melakukan penelitian dan kajian kebijakan. Ruang lingkup pekerjaan kami mencakup berbagai isu sosial-ekonomi, terutama yang berperspektif kemiskinan dan ketimpangan (baca sejarah kami di sini).

Kami memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman melakukan penelitian yang berfokus pada kemiskinan dan ketimpangan, perlindungan sosial, dan pembangunan manusia di Indonesia. Kami secara aktif berupaya mendorong kebijakan promasyarakat miskin di tingkat nasional dan daerah melalui bukti berbasis hasil penelitian. Kami menerapkan pendekatan Kesetaraan Gender, Disabilitas, dan Inklusi Sosial (GEDSI)  pada seluruh pekerjaan kami.

 

Visi dan Misi Kami

Visi SMERU:

Terwujudnya masyarakat Indonesia dan dunia yang terbebas dari berbagai bentuk kemiskinan dan ketimpangan melalui dukungan penelitian untuk pengambilan kebijakan berbasis bukti

 

Misi kami adalah:

1. Menghasilkan bukti melalui penelitian berkualitas untuk mendukung perumusan kebijakan pemerintah maupun nonpemerintah, termasuk sektor swasta, yang berperspektif kesetaraan gender dan inklusi sosial terkait isu kemiskinan dan ketimpangan, perlindungan sosial, serta pembangunan manusia di tingkat nasional dan internasional

2. Mendukung peningkatan kapasitas Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah, masyarakat sipil, akademisi, mitra pembangunan, dan sektor swasta untuk mendorong perumusan kebijakan berbasis hasil penelitian.

3. Mengembangkan dan mendukung diskursus kebijakan pemerintah dan nonpemerintah, termasuk sektor swasta, yang berbasis hasil penelitian.

4. Memperkaya khazanah pengetahuan tentang kemiskinan dan ketimpangan, perlindungan sosial, serta pembangunan manusia.

 

Nilai - Nilai kami

Pengetahuan

Memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni

Objektivitas

Temuan berdasarkan bukti

Independensi

Tidak berafiliasi dengan pihak manapun

Berdampak

Berkontribusi positif terhadap masyarakat

Inklusivitas

Terbuka dan melibatkan semua kelompok

Prinsip kami

Demokratis

 

Transparan dan
bertanggung gugat
 

Memenuhi standar kualitas tinggi dan menjunjung tinggi etika

Memberi
kesempatan yang sama
 

Berkomitmen

 

Proaktif dan
responsif

Perintis

Relevan dan
tepat waktu

Bagikan laman ini