SMERU Global Network

The SMERU Global Network (SGN) is a networking platform for those who have worked and interned at SMERU. The SGN aims to
  • establish a network of national and international work partners;
  • build professional connections;
  • share experiences and expertise gained at SMERU; and
  • build collaborations in research and training activities, and engagement in policy processes, both between SGN members and with SMERU.
After two decades, SMERU continues to grow and expand its network of collaborations with various stakeholders. Let's stay connected and open opportunities for future cooperation! You can also tell us about the highlight of your time while working at SMERU here. If you have any questions, please contact SMERU's communications team by email at comms@smeru.or.id.

 

 

Lembaga penelitian bereputasi, sekaligus keluarga besar dan rekan kerja yang tulus.

Arief Noviar Sugito
Manajer Program RISE
Agustus–November 2020

Saya ingin belajar lebih banyak tentang bagaimana melakukan analisis kebijakan publik dan saya tertarik pada keahlian tinggi SMERU di bidang ekonomi dan analisis kebijakan publik di berbagai sektor di Indonesia.

Saya juga mendapatkan wawasan baru tentang analisis kebijakan publik serta berkesempatan untuk menjalin pertemanan dan hubungan profesional.

Aris Huang
Analis
Maret 2018–Maret 2020

Pekerjaan saya yang sebelumnya, yaitu asisten peneliti di konsultan arsitek yang terbatas hanya meneliti bangunan, membuat saya ingin bekerja di SMERU yang memang bergelut di bidang penelitian dengan tema yang beragam. Selain itu, nama besar SMERU yang sudah saya dengar sejak saya di bangku kuliah menambah keinginan saya untuk bergabung dengan keluarga besar SMERU.

Bekerja di SMERU seperti menemukan keluarga baru–bekerja yang tidak terasa seperti bekerja. Rasa nyaman dengan rutinitas bekerja dengan tim peneliti dengan tema yang berbeda membuat kegiatan harian menjadi penuh warna. Belum lagi suasana di ruangan yang saya tempati dipenuhi peneliti-peneliti muda yang penuh semangat membuat suasana bekerja menjadi menyenangkan hingga tak terasa akan menghabiskan waktu hingga malam di kantor SMERU. Kehadiran peneliti senior di tiap tim penelitian menambah wawasan dengan pengalaman-pengalamannya yang mengagumkan, dan mereka mengayomi para peneliti muda dengan penuh kehangatan. Kegiatan turun lapangan terakhir yang saya ikuti adalah di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Penelitian lapangan yang berpacu dengan waktu dengan metode penelitian yang agak berbeda dari biasanya membuat kegiatan lapangan penuh tantangan tetapi menyenangkan.
 

Bekerja di SMERU membuat saya bisa mendatangi daerah-daerah di Indonesia yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk bisa berkunjung ke sana. Melakukan penelitian sekaligus menambah khazanah pengetahuan dan dapat melihat keindahan daerah di Indonesia. Bertemu dengan masyarakat di daerah dan melihat kejadian nyata di lapangan membuat rasa syukur terus terjaga. Terima kasih SMERU karena sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk turut merasakan pengalaman menimba ilmu dan pengalaman di lapangan yang luar biasa dengan menjadi bagian dari keluarga besar SMERU. 

Budiani
Peneliti Junior
Agustus 2016–Agustus 2017

Posisi yang dilamar sesuai dengan keinginan dan kemampuan dan ulasan bagus dari beberapa orang yang pernah bekerja di SMERU ataupun bekerja sama dengan SMERU.

Atasan dan rekan kerja baik dan suportif, lingkungan kerja nyaman, dan terdapat banyak kesempatan untuk mengembangkan diri.

Fandi Muhammad Hizbullah
Penyunting/Penerjemah
Agustus 2018–Februari 2019

Waktu melamar pekerjaan ke SMERU, saya tidak tahu SMERU itu apa. Namun, teman saya yang menyarankan saya untuk mendaftar mengatakan bahwa SMERU adalah salah satu lembaga riset terbaik, dan jika saya diterima untuk bekerja di SMERU, saya akan belajar banyak, terutama tentang isu-isu sosial-ekonomi dan kemiskinan di Indonesia.

Salah satu yang membuat senang bekerja di SMERU adalah orang-orangnya. Karakter mereka sangat beragam dan mereka semua baik hati. Waktu pertama kali masuk kerja, saya kaget karena stafnya banyak (sebelumnya saya terbiasa bekerja di proyek yang jumlah stafnya sedikit).

Felisita Lethe
Staf Junior Program Administrasi
Oktober 2016–Oktober 2018

Saya mendengar nama SMERU sejak menjalani studi S-2 saya di Australia melalui beberapa profesor yang mengajar saya. Profesor tersebut menyampaikan bahwa SMERU merupakan lembaga penelitian terdepan di bidang penanggulangan kemiskinan dan ekonomi pembangunan. Atas dasar rekomendasi dari profesor saya, saya pun mendaftar ke SMERU dengan harapan dan semangat untuk bisa bergabung dengan kelompok peneliti yang terdepan di bidang ekonomi.

SMERU merupakan tempat terbaik untuk belajar dan meningkatkan kemampuan dalam melakukan penelitian dan analisis data. SMERU memberikan kesempatan kepada seluruh peneliti, terlepas dari tingkatan jabatannya, untuk memimpin suatu studi. Hal ini membuat kurva belajar kita menjadi sangat tinggi karena kita dapat langsung belajar dari praktik dan pengalaman. Selain itu, para atasan dan kolega di SMERU sangatlah terbuka terhadap ide-ide baru dan selalu bersemangat untuk membagikan ilmu serta idenya. Lingkungan yang kolaboratif dan suportif seperti inilah yang membuat kita pada akhirnya sadar bahwa, dengan bekerja di SMERU, kemampuan kita sudah berkembang sangat jauh, jika dibandingkan dengan ketika pertama kali memulai pekerjaan di SMERU.

Florischa Ayu Tresnatri
Peneliti
Januari 2019–Desember 2021

Pada 2014, saya menemukan hasil-hasil penelitian SMERU yang bagus dan informatif, dan menggunakannya untuk menulis tesis S-2 saya. Pada 2015, Pak Darno juga datang ke kantor saya saat itu di Kementerian PPN/Bappenas untuk memberikan masukan sehingga sosok beliau menginspirasi saya untuk ikut bekerja di SMERU. Selain itu, SMERU yang juga ber-partner dengan donor membuat saya berpikir bahwa memulai berkarier di SMERU akan membuka kesempatan pula untuk berkarier nantinya di sisi donor.

SMERU sangat serius dan mendetail, serta terus berupaya untuk mengedepankan fakta dalam menghasilkan laporan/publikasi. Hal ini membuat saya bangga dan tidak akan lupa bahwa SMERU adalah lembaga yang sangat kuat kompetensinya. Selain itu, kekeluargaan dan pertemanan di kantor SMERU juga terasa amat hangat dan menumbuhkan rasa memiliki dan semangat kerja. Begitu banyak support yang diberikan oleh teman-teman jika kita ingin meraihnya. Kehangatan ini juga tidak berhenti hanya dalam lingkungan pekerjaan, tetapi juga pada pertemanan di luar kantor.

Gema Satria Mayang Sedyadi
Peneliti
Januari 2015–Januari 2022

Berkat ketaktahuan saya, saya tidak tahu apa-apa tentang SMERU atau bahwa saya bisa hidup dari melakukan penelitian. Setelah lulus, saya melamar ke semua lowongan yang ada kata "penelitian" di dalamnya dan baru mengetahui bahwa ada lembaga penelitian bernama SMERU melalui situs web ANU. Afiliasi dengan lembaga internasional inilah yang menarik perhatian saya. Mengingat masa itu, seharusnya Pak Asep sudah menghukum saya karena tidak tahu SMERU, tapi untungnya tidak demikian, dan selebihnya adalah seperti yang diketahui bersama.

Di SMERU, saya menemukan keluarga pertama saya. Setelah Anda bergabung dengan SMERU, Anda menjadi anggota satu keluarga besar yang penuh kepercayaan, kehangatan, dan ketulusan. Meskipun hanya sebentar, saya banyak berutang budi kepada SMERU yang menunjukkan jalan kepada saya lewat berbagai bimbingan, pengalaman, dan koneksi (ada banyaaak sekali). Kepada almarhum Ibu Budi, kepada Pak Asep, dan kepada Pak Darno, TERIMA KASIH!

Gracia Hadiwidjaja
Peneliti
Desember 2010–April 2012

Semasa kuliah di Monash University, Australia, saya banyak mendengar tentang SMERU dan sempat membaca publikasi/laporan penelitian mereka. Dari dulu, saya selalu ingin menggeluti masalah kebijakan, terutama yang menyangkut masalah sosial-ekonomi, tetapi sampai saat itu, saya belum pernah bekerja di lembaga penelitian. Oleh karena itu, setelah selesai S-2, saya memutuskan untuk langsung bergabung dengan SMERU karena menurut saya, SMERU akan menjadi tempat ideal untuk belajar lebih banyak serta berkontribusi pada program dan kebijakan pembangunan di Indonesia.

Tugas saya (di SMERU) adalah membuat rencana kerja berbagai kegiatan proyek penelitian, termasuk menulis proposal penelitian, laporan progres kegiatan, dan rencana anggaran; mengelola hubungan strategis dengan klien utama, mitra, dan pemangku kepentingan; serta mengelola proses tender kepada donor dan mitra eksternal. Saya juga bekerja erat dengan lebih dari 30 peneliti serta membangun jaringan dengan lembaga think tank lainnya. Saya menikmati betapa bervariasinya pekerjaan sehari-hari saya di SMERU. Rekan-rekan kerja saya hebat, baik, dan berbakat; lingkungan kerjanya ramah keluarga; dan saya juga berkesempatan untuk terlibat dalam proyek penelitian yang sesuai dengan minat saya. Saya juga menjalin kontak dengan para pembuat kebijakan terkemuka dan belajar bagaimana memengaruhi pemerintah dan debat publik. Keahlian yang saya peroleh selama di SMERU terbukti sangat berguna untuk mendukung pekerjaan saya saat ini dalam menangani hal-hal yang terkait dengan kebijakan di tingkat daerah.

Intani Kusuma
Staf Administrasi Program Senior
Oktober 2013–September 2016

Penelitian-penelitian SMERU sangat menarik dan saya yakin sangat berpotensi memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Semua anggota staf sangat baik dan sangat terbuka untuk mendiskusikan berbagai ide dan opsi. Saya jadi belajar banyak tentang Indonesia dengan membaca tulisan-tulisan hasil penelitian, melibatkan diri dalam obrolan, dan menangkap geliat kehidupan.

Joelle Vandermensbrugghe
Penasihat penulisan akademik untuk AVI
Agustus 2020–Oktober 2021

Bagikan laman ini