KEAHLIAN KAMI

Analisis Kemiskinan dan Ketimpangan

Kami menerapkan pendekatan partisipatoris, kuantitatif, kualitatif, dan metode kombinasi untuk melakukan penilaian dan analisis kemiskinan, dengan fokus pada dimensi pendapatan dan dimensi nonpendapatan dari deprivasi serta faktor-faktor penentunya.

Penelitian Kebijakan

Kami melakukan penelitian yang berorientasi pada kebijakan guna memberi masukan bagi diskusi kebijakan publik dan memenuhi kebutuhan yang spesifik.

Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran

Kami melakukan berbagai studi serta mengembangkan kerangka kerja untuk pemantauan, evaluasi, dan pembelajaran terkait kinerja, keluaran, dan hasil kebijakan dan program pembangunan. Hal tersebut meliputi penyusunan indeks, kajian cepat, pemantauan longitudinal, observasi partisipatoris, dan evaluasi dampak.

PUBLIKASI
TERKINI

Keluar dari Kemiskinan di Timor Barat: Memahami Mobilitas Sosial dan Dinamika Kemiskinan di Wilayah yang Terkena Konflik

September, 2022
Studi ini bertujuan untuk melihat dinamika kemiskinan di masyarakat Timor Barat dalam kurun waktu 1996–2006 melalui mobilitas kesejahteraan yang terjadi pada kelompok-kelompok di masyarakat.

Studi Kesiapan Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di 10 Kabupaten

September, 2022
Pandemi COVID-19 telah menyebabkan disrupsi pada dunia pendidikan di hampir seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Kesetaraan Gender, Disabilitas dan Inklusi Sosial dalam Praktik: Pengalaman Riset dan Advokasi Mitra Knowledge Sector Initiative

Agustus, 2022
Kumpulan 30 cerita ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan pengetahuan ke dalam kebijakan dengan melibatkan kelompok rentan sebagai sumber pengetahuan dan advokasi.

Pengembangan SiBakul Sebagai Ekosistem Digital UMKM yang Inklusif di Daerah Istimewa Yogyakarta

Agustus, 2022
Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menginisiasi rintisan lokapasar lokal SiBakul Jogja sebagai program penguatan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbasis situs web. Selain untuk mendata UMKM secara sukarela, keberadaan SiBakul sejalan dengan orientasi pelaku UMKM yang bertransaksi melalui platform digital sebagai upaya bertahan hidup pada masa pandemi COVID-19.
 

PENELITIAN

KAMI

 

Penelitian ini bertujuan mendapatkan pemahaman lebih baik tentang kesejahteraan lansia dan program perlindungan sosial yang menyasar kelompok ini.

 

PENELITIAN

KAMI

 

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program PEN di Kementerian Ketenagakerjaan dalam mendukung pencapaian tujuan pemulihan ekonomi pada masa pandemi COVID-19.

 

PENELITIAN

KAMI

 

Studi ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi kebijakan untuk menanggulangi kesenjangan dalam keterampilan digital.

 

PENELITIAN

KAMI

 

Riset terkini memperkirakan bahwa jika tingkat kualitas udara tetap sama dengan saat ini, penduduk Jakarta secara rata-rata akan kehilangan 5,5 tahun dari masa hidup mereka.

1
2
3
4