Mengembangkan Keterampilan Digital di Indonesia

Rabu, Oktober 12, 2022

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Indonesia 2020–2024 menekankan peran transformasi digital dalam mendorong produktivitas ekonomi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah telah memiliki seperangkat peraturan yang mendorong transformasi digital (salah satunya adalah Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Akan tetapi, belum ada kerangka kebijakan yang secara khusus mengarahkan pengembangan keterampilan digital di Indonesia. Kerangka kerja ini sangat penting karena akan menentukan keberhasilan Indonesia dalam menerapkan dan memperoleh manfaat dari transformasi digital. 

Pada saat yang sama, masih terdapat kesenjangan digital di antara beberapa kelompok masyarakat di negeri ini. Sebagai contoh, menurut data Susenas dan Sakernas, pada 2021 masih terdapat sekitar 36% individu usia 5 tahun ke atas yang belum mengakses internet, dan 64% pekerja/pelaku usaha usia 15 tahun ke atas belum menggunakan internet dalam pekerjaan utamanya. Oleh karena itu, sebelum menyusun kerangka kerja pengembangan keterampilan digital di Indonesia, penting bagi kita untuk mengetahui kondisi dan tantangan yang ada. 

Seminar “Mengembangkan Keterampilan Digital di Indonesia” merupakan bagian dari seri seminar Forum Kajian Pembangunan (FKP) 2022. SMERU kembali menjadi tuan rumah pada periode Oktober dengan menyelenggarakan empat seminar yang mengangkat empat topik terkait transformasi digital. Melalui seri seminar ini, SMERU menyampaikan hasil penelitian dan mendiskusikan agenda kebijakan untuk mendorong akselerasi peningkatan keterampilan digital di Indonesia.

 

Moderator: Palmira P. Bachtiar (Peneliti Senior, SMERU)
  
Pembicara: 

  1. Jonathan Farez Satyadharma (Peneliti Junior, SMERU)
    "Mendorong Transformasi Digital melalui Akselerasi Keterampilan Digital" 
     
  2. Adinova Fauri (Peneliti Departemen Ekonomi, CSIS)
    "Digital Skills Toolkit” 

  
Penanggap: DR. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc (Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Waktu 
09.30-11.45 WIB (GMT+7)
Tempat 
The SMERU Research Institute, Zoom Webinar, dan Youtube Livestream
Nama Kontak 
The SMERU Research Institute
Email Kontak 
comms@smeru.or.id

Bagikan laman ini