kualitas pendidikan

Kualitas Pendidikan di Kabupaten-Kabupaten di Indonesia: Estimasi Berdasarkan Eksperimen Kebijakan

Publikasi ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. 

---

 

Perlukah SMP Terbuka di DKI Jakarta Dipertahankan?

SMP terbuka (SMPT) merupakan pendidikan formal alternatif untuk memperluas akses tamatan sekolah dasar (SD) atau sederajat yang mengalami berbagai kendala untuk melanjutkan pendidikan ke SMP reguler. Di Indonesia, SMPT dirintis pada tahun ajaran 1979/1980. Khusus di DKI Jakarta, SMPT diselenggarakan sejak 1990-an, tetapi hingga saat ini upaya memperluas akses terhadap jalur pendidikan ini belum sepenuhnya berhasil dan SMPT belum mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Penilaian Kebijakan untuk Meningkatkan Kualitas Guru dan Mengurangi Ketidakhadiran Guru

Untuk menghindari jebakan pendapatan menengah, Indonesia harus mulai menggeser perekonomiannya menuju produk-produk bernilai tinggi yang mengharuskan adanya angkatan kerja dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang makin bertambah. Ini berarti Indonesia harus mencurahkan upaya lebih serius untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikannya. Saat ini hanya 37% guru yang mempunyai kualifikasi mengajar sebagaimana ditetapkan oleh Undang-Undang Guru Tahun 2005, dan sekitar 15% guru mangkir mengajar pada setiap hari kerja di seluruh Indonesia.

Bagikan laman ini