Perekrutan Guru di Indonesia: Disfungsi Kelembagaan dan Dinamika Sosial

Penelitian Kebijakan

Guru memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Namun, kinerja guru di Indonesia belum maksimal.

Berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru telah dilakukan oleh pemerintah, termasuk memperbaiki sistem pendidikan dan pelatihan guru. Namun, upaya tersebut tidak berdampak signifikan bagi guru-guru yang kompetensinya sangat rendah.

Salah satu hal yang kerap luput dari pembahasan terkait kualitas guru adalah masalah perekrutan guru. Perekrutan guru yang efektif dapat menjaring calon-calon guru terbaik yang berkompetensi tinggi.

Untuk mencari tahu akar masalah sulitnya merekrut guru-guru berkualitas di Indonesia, Program RISE di Indonesia mengkaji proses perekrutan guru di Indonesia.

Bagikan laman ini

Penulis 
Akhmadi
Rizki Fillaili
Aris Huang
Tony Liong
Shintia Revina
Penulis
Akhmadi
Aris Huang
Tony Liong
Penyunting 
Penerjemah 
Wilayah Studi 
Nasional
Topik Penelitian 
Kata Kunci 
kebijakan pendidikan
guru
rekrutmen guru
Tipe Publikasi 
Infografik, Poster, dan Lembaran Fakta