Akbar adalah Staf Pengembangan Produk dan Pemasaran pada Divisi Pengembangan Bisnis di The SMERU Research Institute. Ia memimpin pengembangan dan implementasi produk SMERU yang sudah ada dan menciptakan produk baru serta strategi pemasaran/promosi dengan tujuan mencapai keberlanjutan finansial dengan memastikan relevansi pekerjaan SMERU. Peran ini termasuk mendapatkan pasar baru dan peluang pendanaan dengan tetap menciptakan hubungan substantif di antara pemangku kepentingan SMERU.
Sebelum bergabung dengan SMERU, Akbar banyak berkecimpung di industri media, baik media konvensional maupun media digital, di Indonesia. Akbar pernah bekerja di beberapa organisasi media, seperti majalah Tempo, radio Hard Rock FM Jakarta, harian Kompas, dan grup media digital Kapanlagi Network (KLN). Pengalamannya selama tujuh tahun terakhir di bidang penjualan dan pemasaran berfokus pada pengembangan strategi bisnis media dengan menghubungkan pemangku kepentingan, dalam hal ini pengiklan, dengan media dalam melakukan edukasi pasar hingga aktivitas promosi.
Pada 2009, Akbar adalah mahasiswa jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) di Departemen Sosiologi FISIP UI. Dalam hal pencapaian di bidang profesional, Akbar berhasil mengembangkan salah satu bidang industri dari Divisi Bisnis dan Pendapatan Iklan selama bekerja di harian Kompas dengan pencapaian yang memuaskan. Saat ini Akbar juga telah mengembangkan layanan ruang kerja bersama di Kota Bogor.
Keahlian
Penjualan & Pemasaran, Periklanan, Pengembangan Produk