Buletin No. 7: Agustus 1999

Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran
Abstrak 

Pengadaan pangan, sandang, dan papan yang cukup bagi seseorang dan keluarganya adalah kebutuhan mendasar bagi masyarakat di manapun berada. Selain masyarakat yang hidup dengan mengandalkan alam untuk menyambung hidup, pengadaan pangan, sandang dan papan ini sangat bergantung kepada kapasitas masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan untuk memperoleh penghasilan. Satu dampak yang sangat nyata dan berbahaya dari krisis yang sedang melanda Indonesia - paling tidak di wilayah yang paling parah terkena - adalah kekacauan pasar tenaga kerja, dimana banyak perusahaan dan usaha yang ambruk atau terpaksa mengurangi kegiatannya secara drastis. Sebagai akibatnya, kita semua mengetahui banyak orang telah kehilangan pekerjaan terutama di wilayah perkotaan. Tetapi seberapa besar perubahan yang terjadi? Industri manakah yang diterpa paling parah, dan alternatif pekerjaan apakah yang dapat dimasuki oleh mereka yang telah kehilangan pekerjaannya? Apa pengaruhnya terhadap keluarga dan masyarakat luas? Beberapa bulan terakhir SMERU telah bekerja untuk memberikan beberapa gambaran seputar masalah yang kompleks ini.

Pada edisi Newsletter kali ini kami tampilkan hasil investigasi dalam bentuk ringkasan. Tim peneliti kami telah melakukan wawancara dengan banyak pekerja yang telah kehilangan pekerjaannya, pada studi kasus di empat industri yang parah terkena dampak krisis. Kami juga memasukkan temuan utamanya. Meskipun daerah perkotaan di Indonesia merupakan daerah terparah yang terkena dampak krisis, kita juga mengetahui bahwa seluruh wilayah di Jawa juga terkena dampak ini, karena adanya hubungan antara peristiwa di kota besar dan kota kecil dengan kehidupan di perdesaan sekitarnya. Survei khusus yang dipesan SMERU seputar dampak sosial di suatu lokasi – sepanjang pantai utara Jawa Barat - memberikan gambaran yang sangat berarti tentang perubahan pekerjaan dan dampak ekonomi dengan adanya kejadian tersebut.

Sebagai pelengkap kedua studi ini, kami juga menampilkan ulasan singkat dari beberapa penemuan penting yang berasal dari survei tenaga kerja terbaru yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik.

Kami berharap dapat menyampaikan berita lain tentang aspek ketenagakerjaan semasa krisis pada edisi mendatang.

Kata Kunci 
dampak krisis
ketenagakerjaan
jaring pengaman sosial
dampak sosial
Tipe Publikasi 
Buletin
Ikon PDF Download (206.74 KB)

Bagikan laman ini