Laporan Tahunan 2020

Analisis Kemiskinan dan Ketimpangan
Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran
Penelitian Kebijakan
Abstrak 

Pada akhir 2019, kami–manajemen dan seluruh staf–telah merumuskan Rencana Strategis SMERU 2020–2024. Rencana strategis ini diarahkan untuk terus meningkatkan relevansi SMERU dan memperkuat keberlanjutan finansiallembaga. Dengan tetap berfokus pada penelitian berkualitas untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam perumusan kebijakan sosial-ekonomi yang lebih berpihak kepada masyarakat miskin dan rentan, SMERU akan memperluas jangkauannya ke pemerintah daerah dan pemangku kepentingan nonpemerintah–khususnya sektor swasta. Rencana strategis tersebut juga merumuskan berbagai rencana kerjauntuk (i) meningkatkan pemahaman berbagai kalangan tentang pentingnya penelitian sebagai landasan penyusunan kebijakan (research literacy), (ii) mencari sumber-sumber pendanaan baru, dan (iii) memperkuat dukungan administrasi, teknologi informasi, dan manajemen pengetahuan.

Pada tahun pertama pelaksanaan rencana strategis tersebut, kami menghadapi tantangan besar berupa pandemi penyakit koronavirus 2019 (COVID-19). Untuk mencegah penyebaran koronavirus tersebut, kami (i) menerapkan sistem kerja dari rumah, (ii) menghentikan sementara kegiatan pengambilan data secara tatap muka, (iii) menyusun dan menerapkan cara-cara baru untuk melakukan penelitian dan pengambilan data secara daring, serta (iv) Menyusun protokol kesehatan untuk pelaksanaan kegiatan tatap muka yang tidak bisa dihindari.

Kami juga mengalihkan sumber daya yang tersedia untuk menginisiasi berbagai kajian cepat terkait dampak sosial-ekonomi pandemicCOVID-19. Hasil berbagai kajian cepat tersebut diterbitkan dalam bentuk laporan ringkas dan catatan kebijakan yang disampaikan kepadapemangku kepentingan terkait. Pada saat yang sama, kami tetap menepati komitmen dengan berbagai pihak. Sepanjang 2020, kami melaksanakan 50 proyek penelitian dan nonpenelitian; 17 di antaranya selesai sebelum akhir Desember 2020. Kami jugatelah menerbitkan lima artikel jurnal, delapan catatan kebijakan, serta puluhan laporan dan artikel.

Semua capaian tersebut dapat diraih berkat dukungan berbagai pihak dan kerja keras seluruh staf SMERU. Kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai Lembagadonor, lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan perusahaan swasta yang telah memberikan dukungan dan bekerja sama dengan kami sepanjang 2020. Secara khusus,kami mengucapkan terima kasih kepada Knowledge Sector Initiative (KSI) dan RISE (Research on Improving Systems of Education) Programme yang telah memberikan dukungan jangka panjang kepada kami. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh staf SMERU yang telah bekerja keras untuk mewujudkan visi dan misi lembaga walaupun berada dalam masa sulit akibat pandemi, serta kepada Pembina,Pengawas, dan Pengurus Yayasan SMERU yang terus memberikan dukungan demi kelancaran kegiatan lembaga. Semoga kita semua dapat terus melanjutkan kerja keras ini pada tahun-tahun mendatang.

Penyunting 
Budhi Adrianto
Gunardi Handoko
Wiwin Purbaningrum
Dhania Putri Sarahtika
Wilayah Studi 
Nasional
Kata Kunci 
Laporan tahunan
Tipe Publikasi 
Laporan Tahunan
Ikon PDF Download (6.65 MB)

Bagikan laman ini