Pasar Tradisional di Era Persaingan global

Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran

Akhir-akhir ini dampak kehadiran supermarket (termasuk hipermarket) terhadap keberadaan pasar tradisional menjadi topik yang menyulut perdebatan hangat di kalangan masyarakat. Liberalisasi sektor perdagangan eceran pada 1998 telah mendorong munculnya berbagai supermarket asing di Indonesia. Dengan semakin menjamurnya supermarket asing ke berbagai kota, timbul pendapat dari beberapa kalangan bahwa di era globalisasi pasar tradisional menjadi korban utama persaingan antara pasar tradisional dan modern. Bahkan ada pihak-pihak yang menganggap perlu adanya pembatasan keberadaan supermarket, terutama di lokasi yang berdekatan dengan pasar tradisional, agar tidak merebut konsumen pasar tradisional.

Apakah benar supermarket merupakan sebab utama menurunnya kinerja pasar tradisional di tengah-tengah era globalisasi ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dan melihat dampak kehadiran supermarket terhadap pasar tradisional dan pedagang ritel di daerah perkotaan di Indonesia, Lembaga Penelitian SMERU pada akhir 2006 melakukan kajian terhadap masalah ini.

Berangkat dari hasil studi tersebut serta diperkaya dengan pandangan beberapa pengamat, baik dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) maupun dari LSM, Newsletter SMERU Edisi No. 22 ini menyajikan pembahasan komprehensif mengenai permasalahan pasar tradisional berkaitan dengan kehadiran supermarket. Kami juga menampilkan beberapa kasus menyangkut persoalan yang dihadapi para pedagang pasar tradisional di perkotaan. Selain menyumbang kepada studi mengenai topik ini yang jumlahnya masih sedikit, kami juga berharap bahwa apa yang kami sajikan di sini dapat menjadi masukan bagi formulasi kebijakan yang akan memperkuat kapasitas pasar tradisional dalam arus globalisasi pasar

Bagikan laman ini

Penulis 
Adri Poesoro
Meuthia Rosfadhila
Sri Budiyati
Akhmadi
Taufik Ahmad
M. Firdaus
Penulis
Adri Poesoro
Meuthia Rosfadhila
Sri Budiyati
Akhmadi
Taufik Ahmad
M. Firdaus
Kata Kunci 
persaingan global
pasar tradisional
supermarket
Tipe Publikasi 
Terbitan Berkala
Ikon PDF Download (1.96 MB)