Penentu Kinerja Murid Sekolah Dasar di Indonesia: Peranan Guru dan Sekolah

Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran

Kertas kerja ini membahas sejumlah faktor penentu kinerja murid berdasarkan tes matematik dan dikte terhadap murid Kelas 4 sekolah dasar di Indonesia. Kami menggunakan dataset informasi murid dan sekolah yang unik, yang dikumpulkan dalam suatu survei nasional yang representatif di 110 sekolah umum di 8 provinsi yang dilakukan pada tahun 2003. Dengan menggunakan teknik regresi OLS yang mengkompensasi adanya heteroskedasitas, kami melakukan regresi di tingkat murid yang terpisah terhadap tiga variabel kinerja murid, yaitu: nilai matematik, nilai dikte dan nilai gabungan dua tes tersebut. Diketemukan bahwa kinerja murid sangat dipengaruhi oleh variabel individu, variabel guru dan variabel sekolah. Diantara variabel-variabel yang signifikan adalah tingkat pendidikan orang tua; rasio guru-murid; kualitas fasilitas sekolah dan tingkat kehadiran guru. Kami juga membahas implikasi kebijakan dari hasil studi ini.

Bagikan laman ini

Penulis 
Daniel Suryadarma
Rima Prama Artha
Asep Suryahadi
Sudarno Sumarto
F. Halsey Rogers
Penulis
Daniel Suryadarma
Rima Prama Artha
F. Halsey Rogers
Wilayah Studi 
Riau
Bengkulu
Banten
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Nusa Tenggara Barat
Sulawesi Selatan
Topik Penelitian 
Kata Kunci 
ketidakhadiran
sekolah dasar
kinerja murid
Tipe Publikasi 
Kertas Kerja
Ikon PDF Download (279.65 KB)