Pengukuran Kemiskinan dan Aspek Multidimensinya

Analisis Kemiskinan dan Ketimpangan
Penelitian Kebijakan
Abstrak 

Dalam edisi ini kami mengajak pembaca memperluas pemahaman mengenai kemiskinan di Indonesia yang multi dimensional, dan memaparkan upaya-upaya pengentasan kemiskinan yang lebih efektif yang dapat dilakukan.

Artikel dalam rubrik Focus on menjelaskan definisi kemiskinan dengan mempertimbangkan berbagai dimensi kemiskinan, tidak hanya terkait dengan pendapatan dan pengeluaran, misalnya: tingkat kesehatan yang baik, pendidikan yang memadai, kemampuan menghadapi goncangan, partisipasi dalam kegiatan sosial dan dalam memberikan suara di bidang politik. Kami juga menyajikan artikel dari penulis tamu Mayling Oey-Gardiner, yang mengangkat masalah mengenai pentingnya mempunyai akses terhadap pendidikan yang memadai sebagai salah satu dari definisi baru mengenai kemiskinan. Penulis menunjukkan bahwa Indonesia telah gagal dalam memberikan pendidikan tingkat lanjut setelah Sekolah Dasar bagi mereka yang miskin. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena pendidikan adalah salah satu dari cara yang paling efektif untuk mematahkan rantai kemiskinan.

Untuk memperkaya pemahaman mengenai kemiskinan, Tim Peneliti SMERU telah melakukan kajian yang memungkinkan SMERU menarik perbedaan antara kemiskinan kronis dan kemiskinan sementara. Hasilnya, seperti disampaikan dalam tulisan di kolom And the data say, mempunyai implikasi kebijakan yang penting, karena satu kebijakan pengentasan kemiskinan hanya bisa diterapkan pada satu kategori kemiskinan tertentu. Edisi ini juga memuat temuan-temuan Tim SMERU dari survei Deregulasi Perdagangan Regional mengenai dampak positif bagi masyarakat miskin setelah adanya pencabutan berbagai pungutan terhadap produser kecil di bidang pertanian.

Akhirnya, kami sertakan berita kecil mengenai pembentukan Badan Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (BKPK). Dengan menjembatani program-program pengentasan kemiskinan dari berbagai sektor, diharapkan badan yang baru dibentuk ini mampu mendorong upaya terpadu untuk mengurangi kemiskinan di negara ini. 

Penyunting 
Topik Penelitian 
Kata Kunci 
kemiskinan
kemiskinan multidimensional
kemiskinan kronis
kemiskinan sementara
Tipe Publikasi 
Buletin
Ikon PDF Download (858.89 KB)

Bagikan laman ini