Menilik Adaptasi dan Ketangguhan Layanan Kesehatan dan Kelompok Rentan dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Rabu, Juli 15, 2020

Pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat luas pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, baik sosial, ekonomi, maupun pada aspek pelayanan dasar, seperti pelayanan kesehatan. Dengan diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), frekuensi pelayanan kesehatan pada masyarakat secara otomatis berkurang, termasuk di dalamnya pelayanan gizi dan kesehatan Ibu dan anak (KIA). Di lain sisi pemerintah juga mengeluarkan kebijakan terkait penyesuaian pelayanan kesehatan selama pandemi yang secara langsung memengaruhi ketersediaan dan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Hal tersebut berpotensi menghambat Ibu dan anak sebagai kelompok rentan dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang optimal. Dalam jangka panjang, berkurangnya frekuensi pelayanan akan berdampak negatif pada status kesehatan Ibu dan anak, serta memunculkan masalah gizi dan kesehatan baru di masa depan.

Untuk memahami lebih jauh bagaimana layanan kesehatan dan kelompok rentan beradaptasi dalam rangka membangun ketangguhan di tengah pandemi, The SMERU Research Institute dengan didukung oleh Knowledge Sector Initiative (KSI) memaparkan hasil penelitian terkait hal tersebut melalui forum webinar. Dalam forum ini, juga dibahas faktor pendukung dan penghambat dalam proses adaptasi lembaga dan masyarakat.

Webinar ini bertujuan:

  • Menyampaikan hasil penelitian SMERU terkait (1) Dampak pandemi COVID-19 dan proses adaptasi pada pelayanan kesehatan gizi dan KIA di masyarakat, (2) Ketangguhan sosial-budaya kelompok rentan di tengah pandemi.
  • Mendiskusikan arah kebijakan dan strategi yang dapat dilakukan oleh pemerintah dalam menanggulangi dampak krisis COVID-19 terhadap pelayanan kesehatan di Indonesia dan kehidupan sosial budaya masyarakat.

Pembicara:

  1. Nurmala Selly Saputri (The SMERU Research Institute)
  2. Rizki Fillaili (The SMERU Research Institute)
  3. Muh. Fahrisal A. (Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta)
  4. Wisnu Yulianto (Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta)
  5. Meuthia Ganie-Rochman (FISIP UI)
Waktu 
10:00 - 12:00 (GMT+7)
Tempat 
Zoom Webinar
Nama Kontak 
The SMERU Research Institute
Email Kontak 
comms@smeru.or.id

Bagikan laman ini