Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan mendorong cara berpikir secara menyeluruh (holistik) dan terpadu mengenai sistem pendidikan dan memperkuat koordinasi antar pemangku kepentingan di bidang pendidikan Indonesia. Pelatihan dan lokakarya ini dilakukan melalui dua kegiatan utama yang saling berkaitan, yaitu:
- Pemaparan dari para narasumber termasuk temuan hasil-hasil penelitian SMERU serta mendiskusikan pengetahuan dan kebijakan di bidang pendidikan
- Lokakarya penguatan sistem untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Secara khusus, pelatihan dan lokakarya ini akan difokuskan pada 4 aspek, yaitu:
- Memahami kompleksitas permasalahan guru di Indonesia saat ini, khususnya menyangkut kebijakan terkait pendidikan guru, rekrutmen guru, dan jenjang karir guru;
- Mendiskusikan pengelolaan dan evaluasi kinerja guru yang lebih optimal sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru yang berdampak pada capaian belajar murid;
- Mendiskusikan peran Pemerintah Daerah dalam berkontribusi untuk meningkatkan kualitas guru, mendukung guru dalam menjalankan kebijakan dari Pemerintah Pusat, dan memastikan ketersediaan guru yang berkualitas di daerah terpencil;
- Mendiskusikan praktik baik atau inovasi kebijakan pendidikan di daerah yang dilakukan oleh pemerintah daerah maupun lembaga non-pemerintah, yang beriorientasi pada peningkatan akses dan kualitas pendidikan.