Dari MDGs ke SDGs: Memetik Pelajaran dan Menyiapkan Langkah Konkret

Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran
Abstrak 

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) kerap disebut sebagai agenda pembangunan global yang cakupannya lebih luas dan inklusif daripada Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) yang telah berakhir pada 2015. Berbeda dengan MDGs yang merupakan ramuan para pakar negara-negara anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dan beberapa lembaga internasional, SDGs merupakan hasil kesepakatan 193 negara anggota PBB yang melibatkan partisipasi masyarakat sipil serta pelbagai pemangku kepentingan. Tak mengherankan jika SDGs membidik masalah-masalah yang lebih beragam dan detail, serta menyasar seluruh penduduk pada semua kelompok usia dan latar belakang dengan mengedepankan prinsip kesetaraan dan antidiskriminasi.

Terkait implementasi SDGs, pada 2015 The SMERU Research Institute melakukan studi untuk meninjau tantangan pelaksanaan SDGs di Indonesia. Selain itu, berbagai penelitian SMERU lainnya dapat memberi wawasan dan masukan bagi upaya pencapaian SDGs di Indonesia, khususnya terkait sektor kesehatan dan pendidikan. Dalam buletin SMERU edisi kedua untuk tahun ini, kami memaparkan temuan-temuan dari empat studi SMERU terkait SDGs, kesehatan, dan pendidikan.

Studi pertama berfokus pada pelajaran yang dapat dipetik dari MDGs dan tantangan pelaksanaan SDGs di Indonesia. Baik studi kedua maupun ketiga mengulas isu kesehatan ibu dan anak, yaitu layanan kesehatan Ibu, bayi baru lahir, dan anak (KIBBLA) serta pemberian makan bayi dan anak (PMBA). Sementara itu, studi keempat berfokus pada isu pendidikan, yaitu sebuah studi diagnosis terhadap sistem pendidikan dasar di daerah mitra Program Inovasi untuk Anak Sekolah (INOVASI).

Untuk melengkapi pembahasan, SMERU mengundang Ibu Yosi Diani Tresna, Kepala Subdirektorat Perlindungan Anak, Bappenas, untuk secara khusus memberi perspektif pada isu-isu gender dan anak terkait implementasi SDGs di Indonesia. Semoga edisi ini dapat membangun pemahaman mengenai tantangan yang dihadapi Indonesia dalam upaya mencapai target SDGs serta mengurangi kemiskinan dan ketimpangan.

Bagikan laman ini