Seminar Riset tentang Kebijakan Pendidikan Anak di Indonesia: Menuju Pengembangan Kebijakan Berbasis Bukti

Meskipun pemerintah Indonesia telah berkomitmen secara internasional untuk mencapai target pendidikan dasar untuk semua pada tahun 2015, masih banyak persoalan seputar pendidikan selain persoalan akses terhadap pendidikan. Termasuk dalam isu-isu tersebut adalah persoalan kemerataan dan kualitas pendidikan. Untuk menyikapi masalah-masalah ini, perlu tersedia rekomendasi-rekomendasi berbasis bukti yang dihimpun dari penelitian yang saksama agar dapat diandalkan oleh pemerintah.

Pada November 2011, Lembaga Penelitian SMERU, dalam kerja sama dengan Kementerian Pendidikan Nasional (sekarang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan UNICEF Indonesia, menyelenggarakan seminar riset tentang Kebijakan Pendidikan Anak di Indonesia. Seminar ini diselenggarakan sebagai bagian dari kerja sama yang tengah berlangsung antara SMERU dan UNICEF untuk mendukung pengembangan kebijakan mengenai isu-isu yang terkait dengan anak dan kemiskinan. Undangan untuk menulis makalah diumumkan sebelum berlangsungnya seminar dan 20 makalah kebijakan terpilih dipresentasikan dan didiskusikan dalam seminar ini. Akses, kemerataan, dan kualitas pendidikan merupakan isu yang mendapat sorotan selama diskusi, misalnya yang terkait dengan kesenjangan keterjaminan mutu pendidikan antarkelompok sosial-ekonomi serta antardaerah, dampak pendidikan anak usia dini, efisiensi dalam pengelolaan sekolah, dan partisipasi orang tua dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.

Edisi ini menyajikan ringkasan 5 dari 20 makalah kebijakan yang disebutkan di atas. Catatan kebijakan dan makalah kebijakan yang akan diterbitkan SMERU dalam waktu dekat ini juga akan memperkaya wacana kebijakan mengenai kesejahteraan anak. Tidak dapat dipungkiri bahwa tersedianya informasi dan bukti akan membekali pengambil kebijakan dengan wawasan yang objektif mengenai masalah yang ada dan membantu mereka dalam menetapkan arah dan tujuan kebijakan yang jelas–hal yang menjadikan kajian terpercaya landasan bagi pengambilan kebijakan

Bagikan laman ini

Penulis 
Angela Kearney
H. A. R. Tilaar
Sutjipto
Santoso Sri Handoyo
Weny Savitry S. Pandia
Yapina Widyawati
Ancilla Y. S. Irwan
Irwanto
Felix Wisnu Handoyo
Priyono
Lilik Kustiyah
Cesilia Meti Dwiriani
Evy Damayanthi
Neti Hernawati
Penulis
Angela Kearney
H. A. R. Tilaar
Sutjipto
Santoso Sri Handoyo
Weny Savitry S. Pandia
Yapina Widyawati
Ancilla Y. S. Irwan
Irwanto
Felix Wisnu Handoyo
Priyono
Lilik Kustiyah
Cesilia Meti Dwiriani
Evy Damayanthi
Neti Hernawati
Wilayah Studi 
Nasional
Kata Kunci 
kebijakan pendidikan
pendidikan
Tipe Publikasi 
Terbitan Berkala
Ikon PDF Download (2.2 MB)