Studi Strategi Pengembangan Anak Usia Dini

Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran

Pengembangan anak usia dini yang berkualitas telah diakui secara luas sebagai investasi utama yang penting dalam pengembangan manusia di Indonesia, dan hal ini tercermin dalam kebijakan pembangunan nasional. Tujuan Studi Strategi PAUD (Pengembangan Anak Usia Dini) adalah untuk melakukan analisis dan eksplorasi pilihan-pilihan atau alternatif untuk mencapai tujuan Pemerintah Indonesia dalam memperluas program pengembangan anak usia dini yang berkualitas.

Strategi Nasional untuk Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif menjadi acuan utama dari studi ini. Strategi Nasional – yang dibuat dalam proses kolaborasi antara pemerintah dan pemangku kepentingan nasional/internasional – menyusun visi dan arahan untuk PAUD di Indonesia di mana kebutuhan pengembangan semua anak dipenuhi secara integratif dan holistik dan semua pemangku kepentingan diarahkan agar dapat memainkan perannya masing-masing yang saling melengkapi dalam memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat. Visi Indonesia yang dijelaskan dalam Strategi Nasional untuk PAUD HI, konsisten dengan banyak upaya baik di daerah maupun secara global untuk menciptakan jaringan dukungan holistik dan integratif yang lebih kuat bagi anak.

Untuk mengidentifi kasi opsi-opsi yang relevan dan layak di Indonesia, studi harus diarahkan pada isu-isu mengenai akses, pemerataan, kualitas dan pengelolaan, dengan mempertimbangkan 1) karakteristik pengembangan anak usia dini yang optimal untuk Indonesia dan 2) lembaga/lingkungan administrasi yang tersedia untuk promosi, pelaksanaan dan pengelolaan PAUD. Pendekatan dalam studi ini menggabungkan analisis mikro di tataran sistem melalui penelitian kuantitatif dan kualitatif dan melakukan observasi melalui enam studi kasus di masyarakat.

Bagikan laman ini

Penulis 
Antony Dewees
Ira Febriana
Syaikhu Usman
Fitriana Wuri Herarti
Penulis
Antony Dewees
Ira Febriana
Fitriana Wuri Herarti
Wilayah Studi 
Nasional
Kata Kunci 
pengembangan anak usia dini (PAUD)
anak
Tipe Publikasi 
Laporan
Ikon PDF Download (2.71 MB)