Studi Diagnostik Pembelajaran Pendidikan Dasar di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran
Penelitian Kebijakan
Abstrak 

Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) dan The SMERU Research Institute (SMERU) melakukan studi diagnostik atas sistem pendidikan dasar di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, untuk mengetahui apa saja yang memengaruhi capaian pembelajaran murid di tingkat pendidikan dasar. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif ini melakukan pemetaan pemangku kepentingan, analisis ekonomi politik atas permasalahan pendidikan, dan pemetaan kebijakan atau inovasi pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui serangkaian kegiatan, yakni wawancara mendalam, wawancara kelompok, diskusi kelompok terfokus (focus group discussion/FGD), dan kajian singkat dokumen. 

Penyunting 
Fandi Muhammad Hizbullah
Wilayah Studi 
Nusa Tenggara Barat
Kata Kunci 
pendidikan dasar
inovasi pendidikan
kemampuan calistung
Lombok Tengah
kebijakan pendidikan
Tipe Publikasi 
Laporan
Ikon PDF Download (1.55 MB)

Bagikan laman ini