Riau

Indonesia
 

PENELITIAN

KAMI

 

  
SMERU mengidentifikasi desa-desa dalam radius 50 km dari pabrik RAPP yang tingkat kemiskinannya sangat tinggi serta menganalisis penghidupan dan karakteristik desa-desa tersebut.

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Melalui proyek ini, kami mengharapkan kabupaten/kota dapat belajar, memahami, dan menggunakan IPEI sebagai alat kebijakan untuk membuat kebijakan pembangunan ekonomi mereka lebih inklusif.

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Studi ini bertujuan untuk menerapkan metode Small Area Estimation dengan menggunakan set data Riskesdas dan Susenas terbaru yang tersedia (2018) untuk memetakan status gizi di tujuh kabupaten/kota.

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
SMERU mengajukan usulan kegiatan studi komprehensif untuk memetakan dan membuat profil kemiskinan di wilayah kerja PT RAPP

Pengujian Metode Small Area Estimation (SAE) untuk Pembuatan Peta Status Gizi di Indonesia: Kabupaten Rokan Hulu

Studi ini bertujuan menguji salah satu metode small area estimation (SAE), yaitu metode Elbers, Lanjouw dan Lanjouw (ELL), dalam mengestimasi status gizi balita tingkat desa dan kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu. Hasil estimasi diverifikasi secara kuantitatif melalui sensus antropometri dan wawancara dengan rumah tangga dan secara kualitatif melalui wawancara mendalam dan observasi desa. Hasil estimasi dengan metode SAE untuk angka status gizi stunting, wasting, dan underweight tingkat kabupaten tidak jauh berbeda dengan angka acuan dari Riskesdas 2013.

Pemantauan Dampak Sosial-Ekonomi Krisis Keuangan Global 2008/09 di Indonesia - Dampak terhadap Penghidupan Masyarakat Perkebunan Kelapa Sawit di Riau

Sejak terjadinya krisis keuangan global (KKG) 2008/09, harga CPO (Crude Palm Oil–minyak sawit mentah) merosot tajam dan dampak negatifnya telah dirasakan masyarakat sebuah desa di Riau yang hidup dari perkebunan dan pengolahan kelapa sawit. Pendapatan mereka turun drastis karena merosotnya harga tandan buah segar (TBS), berkurangnya shift (giliran) dan jam kerja di pabrik kelapa sawit (PKS), berkurangnya kesempatan kerja sebagai tenaga kerja lepas di kebun sawit, dan meningkatnya harga pupuk, obat-tanaman, dan sembako. Para buruh sawit paling menderita akibat krisis ini.

Deregulasi Perdagangan Regional: Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Daerah dan Pelajaran yang Diperoleh

Laporan ini berusaha mendokumentasikan hal-hal berikut:

  • Rumitnya permasalahan akibat banyaknya pajak (pungutan) dan non-pajak yang mendistorsi mekanisme pasar sebelum dilakukan deregulasi
  • Dampak berbagai distorsi tersebut atas insentif perdagangan di sektor perdesaan (pertanian)
  • Berbagai upaya untuk menderegulasi dan menghapus peraturan yang mendistorsi harga
  • Keberhasilan dan kegagalan berbagai deregulasi yang diamati sampai Nopember 1999

Deregulasi Perdagangan Regional dan Pengaruhnya terhadap Perekonomian Daerah, Kasus: Riau dan Sumatera Utara

Survei Baseline Kehadiran Guru dan Bantuan Kesejahteraan untuk Guru di Daerah Terpencil

Survei baseline kehadiran guru 2008 bertujuan untuk memperoleh perkiraan terbaru tingkat absensi guru di sekolah dasar (SD), mengetahui perubahannya dalam lima tahun terakhir sejak diadakannya survei pertama pada 2003, dan mengetahui pengaruh pemberian Program Bantuan Kesejahteraan untuk Guru di Daerah Terpencil (Bankes) terhadap tingkat absensi guru di Indonesia. Selain itu, survei ini juga menggali informasi tentang tingkat absensi murid SD dan kemampuan murid kelas IV dalam pelajaran matematika dan bahasa Indonesia.

Ketika Guru Absen: Kemana Mereka dan Bagaimana Murid?

Kajian terhadap pelayanan pendidikan akhir-akhir ini, termasuk dalam World Development Report 2004 yang diterbitkan oleh Bank Dunia, mulai menyoroti persoalan absennya guru dari tempat kerjanya. Laporan ini berisi gambaran sebagian hasil survei mengenai pelayanan pendidikan dasar dengan fokus pada tingkat keabsenan guru dan dampaknya terhadap kinerja belajar murid.

Bagikan laman ini