Identifikasi Indikator Utama untuk Target Kemajuan Inklusif APRIL2030

Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran
Latar Belakang 

Seiring dengan diluncurkannya komitmen APRIL2030, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di bawah naungan APRIL Group menyusun serangkaian sasaran yang akan dicapai pada 2030. Semua sasaran dirancang dengan indikator yang dapat diukur guna memastikan bahwa kemajuan yang dicapai sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Satu dari empat komitmen dalam APRIL2030 adalah kemajuan inklusif. Kemajuan inklusif meliputi sasaran untuk memberdayakan masyarakat melalui inisiatif di bidang layanan kesehatan, pendidikan, dan kesetaraan gender.

Bagian penting dalam komitmen kemajuan inklusif adalah sasaran untuk (i) menghapus kemiskinan ekstrem pada masyarakat yang berada dalam radius 50 km dari wilayah operasional APRIL, (ii) meningkatkan pendidikan dan akses universal terhadap layanan kesehatan dasar yang terjangkau, (iii) menurunkan prevalensi tengkes (stunting) pada anak bawah lima tahun (balita) di Provinsi Riau hingga 50%, serta (iv) mendorong partisipasi efektif perempuan di bidang sosial-ekonomi dan memberikan kesetaraan peluang untuk pengembangan keterampilan mereka.

Melalui studi ini, SMERU mengidentifikasi desa-desa dalam radius 50 km dari pabrik RAPP yang tingkat kemiskinannya sangat tinggi serta menganalisis penghidupan dan karakteristik desa-desa tersebut. Hasil studi ini akan digunakan oleh RAPP sebagai basis untuk merancang (i) program intervensi yang bertujuan mengurangi kemiskinan ekstrem dan (ii) kegiatan pemantauan program intervensi dan evaluasi capaian target kemajuan inklusif dalam komitmen APRIL2030.

Tujuan 

Studi ini mencakup dua kegiatan berikut.

  1. Melakukan studi pendahuluan agar RAPP dapat mencapai target kemajuan inklusif APRIL2030
  2. Mengidentifikasi indikator utama untuk mencapai kemajuan inklusif APRIL2030, menyediakan data baseline untuk target terkait kesehatan dan prevalensi stunting, serta merancang desain pemantauan dan evaluasi untuk dua program terkait penanggulangan kemiskinan dan stunting
Metodologi 

Dalam studi ini, kami akan melakukan telaah dokumen RAPP dan literatur terkait untuk melihat kesesuaian antara program dan indikator dalam sasaran APRIL2030. Selain itu, studi ini akan mengumpulkan data kuantitatif terkait indikator sasaran kemajuan inklusif dalam komitmen APRIL2030. Pada tahap akhir, tim peneliti akan melakukan diskusi lanjutan dengan tim program pengembangan masyarakat RAPP serta pemangku kepentingan terkait guna menyusun desain pemantauan dan evaluasi program untuk penanggulangan kemiskinan dan stunting.

Penasihat 
Athia Yumna
Koordinator 
Mayang Rizky
Anggota Tim 
Veto Tyas Indrio
Rizki Fillaili
Ruhmaniyati
Status 
Selesai
Tahun Penyelesaian 
2021
Pemberi Dana Proyek 
PT Riau Andalan Pulp and Paper
Wilayah Studi 

Bagikan laman ini