Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia: Permasalahan Teknis dan Sistemik

Penelitian Kebijakan

Selama empat dekade terakhir, Pemerintah Indonesia telah melakukan banyak upaya untuk mereformasi pengembangan profesionalisme guru. Meskipun demikian, kualitas guru Indonesia sampai saat ini masih rendah. Mengapa berbagai upaya pemerintah itu gagal?

Dalam studi ini kami menyelidiki penyebab kegagalan tersebut dari dua sisi. Pertama, kami mengkaji efektivitas program pengembangan profesionalisme guru terbaru dari pemerintah yang bernama Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas program tersebut. 

Secara singkat, kami merangkum temuan dan rekomendasi dari studi dalam infografik ini.

Bagikan laman ini

Penulis 
Daniel Suryadarma
Rizki Fillaili
Rezanti Putri Pramana
Shintia Revina
Penyunting 
Penerjemah 
Wilayah Studi 
Nasional
Topik Penelitian 
Kata Kunci 
pengembangan profesionalisme guru
kualitas guru
sistem pendidikan
akuntabilitas
Indonesia
Tipe Publikasi 
Infografik dan Lembaran Fakta