Studi ini adalah bagian dari Program RISE di Indonesia, sebuah program penelitian multinegara berskala besar yang bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran dan memastikan proses belajar-mengajar yang lebih baik bagi semua pihak. Studi ini adalah salah satu komponen dalam Reform Area A yang mengevaluasi kebijakan program pilot terkait pengajar dan pengajaran, terutama untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Organisasi profesi guru, terutama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dianggap memiliki pengaruh besar dalam perumusan kebijakan pendidikan. Namun, hingga saat ini hanya ada sedikit penelitian mengenai organisasi profesi guru. Pemahaman yang lebih baik mengenai peran PGRI dalam perumusan kebijakan pendidikan dapat menjadi kunci peningkatan kualitas guru dan tingkat pembelajaran siswa di Indonesia.
Memahami rencana organisasi profesi guru, pengaruh organisasi profesi guru terhadap kebijakan pendidikan, dan interaksi antarorganisasi profesi guru di Indonesia.
Kami menggunakan metode kualitatif. Kami melakukan analisis data sekunder mengenai sejarah PGRI dari artikel berita, dokumen pemerintah, dan dokumen internal organisasi. Kami juga melakukan wawancara daring untuk mendapatkan informasi mendalam.
Publications