Nasional

Indonesia

Kondisi Ekosistem Kewirausahaan Pemuda di Indonesia

Publikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris

 

PENELITIAN

KAMI

 

Kerja sama penelitian antara UNICEF Indonesia dan SMERU ini  dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman pemerintah dan pemangku kepentingan lain mengenai isu-isu spesifik terkait anak di Indonesia.

 

PENELITIAN

KAMI

 

Studi ini bertujuan menganalisis lanskap digital di Indonesia.

Situasi Lansia di Indonesia dan Akses terhadap Program Perlindungan Sosial: Analisis Data Sekunder

Pemerintah Indonesia terus berupaya menyempurnakan sistem perlindungan sosial agar kesejahteraan seluruh warga negara semakin terlindungi sesuai dengan amanat konstitusi. Salah satu elemen masyarakat yang saat ini membutuhkan perhatian secara khusus untuk mendapatkanperlindungan sosial adalah kelompok orang lanjut usia (lansia). Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susesnas) 2019, jumlah penduduk berusia 60 tahun ke atas atau lansia di Indonesia mencapai 25,7 juta orang atau sekitar 9,6 persen dari seluruh populasi.

Jaring Pengaman Sosial dalam Krisis COVID-19: Apa yang Saat Ini Perlu Dilakukan oleh Pemerintah?

Pandemi COVID-19 di Indonesia telah berujung pada krisis sosial-ekonomi yang dampaknya dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama kelompok 40% masyarakat dengan tingkat kesejahteraan terendah. Untuk menangani krisis tersebut, pemerintah telah menerapkan program-program jaring pengaman sosial (JPS) yang mencakup, antara lain, bantuan sosial, percepatan pelaksanaan Kartu Prakerja, dan pemotongan tagihan listrik.

Analisis Awal terhadap Faktor Pendorong Ketimpangan dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tingkat Sekolah Dasar

Di sebagian daerah di Indonesia, upaya pengendalian penyebaran pandemi COVID-19 telah diikuti dengan kebijakan pembelajaran jarak jauh. Sebagai akibatnya, guru dan murid dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perubahan pada proses belajar-mengajar. Pada praktiknya, penerapan kebijakan tersebut sangat bervariasi dan dipengaruhi berbagai faktor. Salah satu faktor yang memengaruhi kegiatan belajar dari rumah adalah akses terhadap alat komunikasi. Murid yang tidak memiliki alat komunikasi mengalami kesulitan untuk menerima materi ajar dari guru.

Situasi Ketenagakerjaan di Lapangan Usaha yang Terdampak Pandemi COVID-19

Krisis ekonomi yang dipicu oleh pandemi COVID-19 memengaruhi situasi ketenagakerjaan di Indonesia. Sejumlah tenaga kerja terpaksa dirumahkan dan bahkan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat terganggunya kegiatan operasional perusahaan yang terdampak krisis ini. Ada enam lapangan usaha yang berpotensi terdampak cukup parah, yaitu penyedia akomodasi, dan makanan dan minuman; perdagangan; transportasi dan pergudangan; konstruksi; industri pengolahan; dan jasa lainnya.

Menjaga Persepsi Risiko Masyarakat Melalui Komunikasi Risiko yang Efektif pada Masa Pandemi COVID-19

Jumlah kasus positif penyakit koronavirus 2019 (COVID-19) di Indonesia yang terus meningkat menunjukkan bahwa pandemi masih jauh dari berakhir. Berbagai upaya telah dilakukan, tetapi sebagian upaya tersebut belum berhasil dalam mengendalikan pandemi ini. Beredarnya berita palsu (hoax) dan takselarasnya kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 menimbulkan kebingungan masyarakat dalam menyikapi situasi pandemi. Sebagai akibatnya, persepsi masyarakat terhadap risiko penularan COVID-19 berubah-ubah sehingga memicu munculnya rasa aman semu.

Mengantisipasi Potensi Dampak Krisis Akibat Pandemi COVID-19 terhadap Sektor Ketenagakerjaan

Krisis ekonomi yang dipicu oleh pandemi COVID-19 berdampak pada situasi ketenagakerjaan di Indonesia. Setidaknya ada dua implikasi yang ditimbulkan oleh krisis ini pada sektor ketenagakerjaan, yakni (i) peningkatan angka pengangguran dan (ii) berubahnya lanskap pasar tenaga kerja.

Laporan Tahunan 2020

Pada akhir 2019, kami–manajemen dan seluruh staf–telah merumuskan Rencana Strategis SMERU 2020–2024. Rencana strategis ini diarahkan untuk terus meningkatkan relevansi SMERU dan memperkuat keberlanjutan finansiallembaga. Dengan tetap berfokus pada penelitian berkualitas untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam perumusan kebijakan sosial-ekonomi yang lebih berpihak kepada masyarakat miskin dan rentan, SMERU akan memperluas jangkauannya ke pemerintah daerah dan pemangku kepentingan nonpemerintah–khususnya sektor swasta.

Bagikan laman ini