Nasional

Indonesia

Dampak Heterogenitas Ketersediaan Internet pada Hasil (Outcome) Pasar Tenaga Kerja Perempuan di Negara Ekonomi Berkembang: Bukti dari Indonesia

Publikasi ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. 

Kajian Dampak Bantuan Iuran Program Jaminan Kesehatan pada Masyarakat Miskin dan Tidak Mampu

Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS/JKN) yang sudah terimplementasi selama tujuh tahun terakhir perlu dievaluasi untuk melihat kebermanfaatannya, terutama bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak kepesertaan program JKN terhadap utilisasi pelayanan kesehatan dan proteksi finansial khusus untuk masyarakat miskin dan tidak mampu. Studi ini menggunakan pendekatan utama kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif dari wawancara mendalam terbatas. Data yang digunakan adalah Data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2011-2020 dan Data Potensi Desa (Podes) 2011-2020. Pendekatan utama untuk evaluasi dampak JKN pada utilisasi pelayanan kesehatan masyarakat miskin menggunakan matched difference-in-difference. Sedangkan, analisis mengenai proteksi finansial akan dilihat berdasarkan hubungan dari kepesertaan JKN masyarakat miskin dengan out-of-pocket (OOP) payment menggunakan analisis two-part models. Hasil analisis menunjukkan adanya dampak positif dan signifikan program JKN terhadap utilisasi rawat jalan (2,5%; 95% confidence interval/CI: 2,0%-3,0%) dan rawat inap (2,4%; 95% CI: 2,2%-2,7%). Dampak terbesar berada pada probabiltas pemanfaatan rawat jalan di Wilayah Maluku-Papua (8,9%; 95% CI: 7,2%-10,6%). Untuk proteksi finansial, kepesertaan program JKN pada rumah tangga miskin berasosiasi dengan pengurangan beban OOP sebesar -23% (95% CI: -41%- -5%). Program JKN diketahui memiliki manfaat yang positif bagi pemanfaatan akses kesehatan masyarakat miskin. Untuk memaksimalkan upaya kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu, perluasan kepesertaan JKN harus terus dilakukan hingga akhirnya Indonesia mencapai Jaminan Kesehatan Semesta.

 

 

PENELITIAN

KAMI

 

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program PEN di Kementerian Ketenagakerjaan dalam mendukung pencapaian tujuan pemulihan ekonomi pada masa pandemi COVID-19.

Kesetaraan Gender, Disabilitas dan Inklusi Sosial dalam Praktik: Pengalaman Riset dan Advokasi Mitra Knowledge Sector Initiative

Dokumen pembelajaran GEDSI (Kesetaraan Gender, Disabilitas, dan Inklusi Sosial) menyajikan pengetahuan GEDSI dari mitra KSI dan organisasi lain yang menjadi champion dalam mengarusutamakan GEDSI dalam penelitian dan advokasi mereka. Buku ini bertujuan untuk memperkaya proses pengetahuan-ke-kebijakan (K2P) dengan perspektif dari komunitas yang termarjinalisasi dan memberikan saran tentang bagaimana melibatkan komunitas ini selama proses K2P berlangsung.

Kondisi Ekosistem Kewirausahaan Pemuda di Indonesia

Publikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris

 

PENELITIAN

KAMI

 

Kemitraan antara SMERU, sebagai lembaga penghasil produk pengetahuan, dan UNICEF yang berfokus pada advokasi hak-hak anak ini diharapkan dapat memberikan basis advokasi yang lebih kuat dan efektif untuk meningkatkan kesejahteraan anak di Indonesia.

 

PENELITIAN

KAMI

 

Studi ini bertujuan menganalisis lanskap digital di Indonesia dengan (i) mengidentifikasi peluang-peluang nyata untuk penciptaan lapangan pekerjaan yang inklusif, (ii) memberikan analisis mendetail mengenai ketimpangan keterampilan digital, dan (iii) menyusun strategi utama untuk mengembangkan keterampilan digital di Indonesia.

Laporan Tahunan 2021

Tahun 2021 menandai 20 tahun kiprah SMERU dalam dunia penelitian. Ulang tahun SMERU kali ini dirayakan dengan menyelenggarakan serangkaian diskusi tentang peran penelitian dalam penyusunan kebijakan berbasis bukti serta menerbitkan buku berjudul “20 Tahun SMERU: Perjalanan Membangun Indonesia melalui Penelitian Kebijakan Promasyarakat Miskin”. Berbekal pengalaman selama dua dekade, SMERU terus hadir untuk melakukan penelitian sebagai basis dalam penyusunan kebijakan promasyarakat miskin.

Mengestimasikan Dampak Kenaikan Harga BBM terhadap Kemiskinan dan Ketimpangan: Bukti dari Pengurangan Subsidi BBM di Indonesia

Publikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. 

Menggunakan Bantuan Tunai Bersyarat untuk Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan: Temuan Peringatan dari Indonesia

Publikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris

Bagikan laman ini